Jemaah haji sedang menjalankan prosesi ibadah haji disekitar Kabbah, Kota Mekah, Saudi Arabia pada musim haji .
Nasional

Alhamdulillah, Kuota Haji 2023 Kembali Normal Seperti Sebelum Pandemi

  • Pemerintah Arab Saudi mengumumkan kalau kuota ibadah haji tahun 2023 kembali dibuka normal seperti sebelum adanya pandemi COVID-19.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan kalau kuota ibadah haji tahun 2023 kembali dibuka normal seperti sebelum adanya pandemi COVID-19.

Hal itu seperti yang disampaikan langsung pemerintah Arab Saudi melalui Menteri Haji dan Umrah Tawfiq bin Fawzan al-Rabiah kepada pers pada Selasa, 10 Januari 2023.

"Saya membawakan Anda dua kabar baik dalam pertemuan ini. Yang pertama: kembalinya jumlah jemaah seperti sebelum pandemi tanpa batasan usia," kata Tawfiq.

Normalnya, jumlah kuota haji 2023 oleh pemerintah Arab Saudi berdampak kepada jumlah kuota peserta haji untuk Indonesia. Tahun ini,kuotanya bertambah menjadi 221.000 peserta dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 100.051 peserta.

Disebutkan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Quomas, jumlah kuota haji untuk Indonesia tersebut dibagi ke dalam tiga kategori. Yakni kategori reguler, khusus dan untuk petugas.

“Kuota itu terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota,” kata Yaqut dalam keterangan pers dikutip Rabu, 11 Januari 2022

Meski begitu, penyelenggaraan haji di Indonesia masih menyimpan banyak kendala. Salah satunya adalah lamanya masa antre yang dibutuhkan peserta untuk dapat pergi ke tanah suci karena terbatasnya kuota haji.

Yaqut juga berharap agar kuota haji untuk Indonesia bisa terus bertambah agar waktu antre para peserta haji dapat berkurang.