Pusat data Indonesia diminati pemain lokal maupun internasional, mulai dari Telkom Indonesia, Alibaba Google.  Foto ilustrasi: pexels.com
Gaya Hidup

Alibaba Group Gabung ke Low Carbon Patent Pledge, Percepat Adaptasi Teknologi Ramah Lingkungan

  • Alibaba Group telah bergabung bersama Low Carbon Patent Pledge (LCPP), sebuah platform internasional yang mendorong pembagian paten untuk teknologi rendah karbon.
Gaya Hidup
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Alibaba Group telah bergabung bersama Low Carbon Patent Pledge (LCPP), sebuah platform internasional yang mendorong pembagian paten untuk teknologi rendah karbon.

Dengan bergabungnya Alibaba Group bersama LCPP bertujuan untuk mempercepat penggunaan teknologi ramah lingkungan dan mendorong inovasi yang kolaboratif.

Vie President of Alibaba Group and Chair of Alibaba'a Sustainability Steering Committe Chen Long mengatakan, inovasi teknologi menjadi kunci pendorong transisi ke ekonomi sirkular yang rendah karbon di masa depan. Untuk jadi pionir dan pemimpin teknologi global, Alibaba Group berkomitmen untuk menjalankan tanggung jawab sosial yang lebih luas dalam penggunaan teknologi.

"Ini sebagai langkah kami untuk mendorong pendekatan kolektif dalam membangun masa depan yang berkelanjutan dan inklusif bagi masyarakat dan lingkungan," katanya dalam keterangan resmi, Minggu, 24 April 2022.

Bergabungnya Alibaba dengan LCPP sebagai inisiatif bahwa Alibaba untuk pertama kalinya memberikan kekayaan intelektual terpenting agar tersedia secara luas sehingga memiliki dampak berkelanjutan.

Untuk mendukung ramah lingkungan, Alibaba Cloud sebagai tulang punggung teknologi digital dan inteligensi Alibaba Group menargetkan untuk menjalankan seluruh data centernya di seluruh dunia dengan teknologi ramah lingkungan pada 2030. Hal itu dimulai dari peningkatakan pembaruan di lima data center berskala besar di Tiongkok.

Kesembilan paten yang ditawarkan ialah data senter ramah lingkungan milik Alibaba termasuk sistem pendinginan soaking server telah diaplikasikan di data center pada 2015. Tindakan pendingan non mekanis ini berhasil menghemat energi lebih dari 70% dari pada pendinginan mekanis tradisional.

Untuk diketahui, LCPP diluncurkan pada Hari Bumi 2021 oleh Hewlett Packard Enterprise (HPE), Microsoft, dan Meta dengan misi mempromosikan teknologi rendah karbon dan mendorong inovasi kolaboratif.