alibaba.jpg
Dunia

Alibaba Tunjuk Orang Kepercayaan Jack Ma jadi CEO Baru

  • Perusahaan teknologi asal China, Alibaba Group Holding Ltd mencopot CEO yang telah menjabat selama delapan tahun, Daniel Zhang dari jabatannya.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

BEIJING - Perusahaan teknologi asal China, Alibaba Group Holding Ltd mencopot CEO yang telah menjabat selama delapan tahun, Daniel Zhang dari jabatannya. Sebagai gantinya, perusahaan mengganti posisi Zhang dengan Eddie Wu.

Dicopotnya Zhang secara tak terduga dari jabatannya terjadi setelah Alibaba mengumumkan restrukturisasi enam arah pada awal tahun lalu. Perlu diketahui, strategi ini dilakukan untuk mencoba dan meningkatkan pertumbuhan dan menciptakan keluarga pemimpin mandiri dalam bisnis mulai dari komputasi awan dan logistik hingga perdagangan internasional.

Kala itu, Zhang mengungkapkan visi besarnya secara mendetail saat Alibaba membukukan pertumbuhan pendapatan satu digit kuartal ketiga berturut-turut. Pernyataan tersebut memperkuat kekhawatiran bahwa rebound belanja konsumen China mungkin lebih jauh dari yang diantisipasi.

Zhang diketahui telah memimpin Alibaba sejak 2015. Saat menjadi orang nomor satu di perusahaan, Zhang dikenal sebagai salah satu arsitek inisiatif ritel baru Alibaba.

Model ritel baru Alibaba yang dicetuskan Zhang dimaksudkan untuk menggabungkan ritel fisik dan online dan memperluas dominasi perusahaan ke berbagai area dari mal hingga supermarket.

Saat Alibaba menunjukkan pertumbuhan melonjak, Zhang diangkat sebagai CEO. Hingga pada akhirnya, Ia membawa Alibaba di satu titik menjadi perusahaan paling berharga di China.

Meski dicopot dari jabatannya, Zhang masih tetap berada di Grup. Ia mengemban tanggung jawab sebagai kepala bisnis komputasi awan alias cloud. Untuk mengisi kekosongan, CEO Alibaba kini akan diisi Oleh Joseph Tsai yang kini  menjabat sebagai wakil ketua eksekutif grup tersebut.

Orang Kepercayaan Jack Ma

Eddie Wu yang menggatikan Zhang sebagai CEO Alibaba diketahui sebagai orang kepercayaan lama pendiri miliarder Jack Ma. Ia akan aktif sebagai CEO Alibaba per 10 September 2023.

Wu lulus dari  Universitas Teknologi Zhejiang dengan gelar sarjana ilmu komputer pada tahun 1996. Menurut informasi, Wu merupakan salah satu pendiri Alibaba. Saat ini menjabat sebagai wakil presiden senior yang mengawasi tiga unit bisnis.

Unit bisnis yang dipegang Wu  termasuk ponsel, pesan instan, dan musik. Selain itu, Wu juga merupakan programmer pertama Alibaba.