Ilustrasi Blok Masela.
Energi

Alih Kelola Blok Masela Dipastikan Berlanjut Meski Pemerintahan Jokowi Habis

  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan proyek Blok Masela tetap akan berlanjut meski masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah usai 2024 mendatang.

Energi

Debrinata Rizky

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan alih kelola proyek Blok Masela akan tetap berlanjut meski masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan usai pada 2024.

Airlangga mengatakan, anggaran blok Masela yang merupakan Proyek Strategi Nasional (PSN) akan masuk ke dalam APBN 2024. 

"Sudah masuk APBN 2024," kata Airlangga saat ditemui di kantornya, Senin 17 Juli 2023.

Menurut Airlangga, pemerintah telah merancang sederet perencanaan agar PSN yang masih belum selesai berlanjut tahun depan. Namun terkait anggaran akan menyesuaikan ke anggaran 2025.

Progres Alih Kelola

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, proses alih kelola Blok Masela dari tangan Shell Overseas Limited masih terus bergulir. Kementerian ESDM menegaskan divestasi Shell harus rampung Juli 2023 sehingga proyek gas raksasa ini bisa segera digarap PT Pertamina (Persero) bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) minyak dan gas bumi (migas) asal Malaysia, Petroliam Nasional Berhad (Petronas).

Terkait Pertamina akan masuk bersama dengan Petronas di Blok Masela, Arifin menyerahkan urusan tersebut ke perusahaan atau urusan, B2B (business to business). Sementara hak partisipasi yang ditinggalkan akan diekekusi oleh PT Pertamina (Persero). Namun Arifin masih enggan menyebut nilai pelepasan yang disepakati.