Pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk.
Industri

Alih Kelola Blok Rokan dari Chevron, Begini Langkah Pertamina

  • Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) telah mengirimkan surat pernyataan menerima penawaran dan perjanjian kerja kepada seluruh pekerja PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) terkait alih kelola Blok Rokan.

Industri
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) telah mengirimkan surat pernyataan menerima penawaran dan perjanjian kerja kepada seluruh pekerja PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) terkait alih kelola Blok Rokan.

Hasilnya, sebanyak 98,5% dari sekitar 2.700 pekerja telah mengembalikan dan menandatangani surat perjanjian kerja dan hanya 1,5% pekerja yang tidak mengembalikan dengan berbagai alasan.

Di antaranya akibat menjelang usia pensiun dan ingin pensiun dini, melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan alasan lainnya.

Direktur Utama PHR, Jaffee Arizon Suardin menyambut baik progres pengembalian penawaran (acceptance letter) dan perjanjian kerja (employment agreement) oleh karyawan CPI ini.

Dengan bergabungnya pekerja CPI menjadi keluarga besar Pertamina, ia meyakini hal ini bisa membuka kesempatan berkarier yang lebih luas di Grup Pertamina.

“Saya yakin, bersama kita dapat menjadi tim yang solid, berkolaborasi dan bersinergi untuk mengembangkan bisnis perusahaan saat ini dan di masa depan untuk menjaga ketahanan energi nasional,” ujarnya, Jumat, 2 Juli 2021.

Sementara itu, Senior Vice President Rokan Transition CPI, Wahyu Budiarto menyatakan transisi di bidang sumber daya manusia ini merupakan hal yang sangat penting dan paling kritikal dalam menunjang alih kelola Blok Rokan.

“Oleh karena itu seluruh langkah dipersiapkan bersama dengan matang guna mencapai transisi yang selamat, andal dan lancar,” tutur Wahyu.

Sebagai informasi, PHR telah membuka saluran komunikasi bagi semua pekerja CPI, sehingga semua pertanyaan dapat terjawab. Saluran itu terdiri dari Townhall Meeting yang telah diadakan secara daring pada 3 Juni 2021 dan 7 Juni 2021.

Kemudian, Manager Forum pada 9 Juni 2021 yang diikuti oleh level manajemen di CPI, serta Human Capital Corner, program live event secara daring yang diadakan setiap hari mulai 10 – 18 Juni 2021. Selain itu, PHR juga membuka contact center melalui email untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat personal. (SKO)