PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia secara resmi memperkenalkan produk terbaru mereka, AlliSya LegacyMax.
IKNB

Allianz Syariah Luncurkan AlliSya LegacyMax, Berikan Manfaat Tambahan lewat Dana Tanahud

  • Inisiasi ini dicanangkan seiring dengan kesadaran yang meningkat di kalangan generasi muda, terutama keluarga muda, mengenai pentingnya perencanaan keuangan menghadapi tantangan finansial.

IKNB

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA - PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia secara resmi memperkenalkan produk terbaru mereka, AlliSya LegacyMax, sebagai solusi bagi generasi muda untuk mempersiapkan warisan sejak dini.

Inisiasi ini dicanangkan seiring dengan kesadaran yang meningkat di kalangan generasi muda, terutama keluarga muda, mengenai pentingnya perencanaan keuangan menghadapi tantangan finansial.

Menurut Indonesia Millenial Report 2024 yang dirilis oleh IDN Research Institute, 38% milenial sudah mulai mengatur anggaran bulanan mereka dengan disiplin, sementara 50% masuk dalam kategori "sandwich generation" yang harus memenuhi kebutuhan keluarga kecil dan orang tua mereka. 

Meskipun demikian, sebagian besar pendapatan generasi muda masih dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga hanya sebagian kecil yang bisa diinvestasikan untuk asuransi dan kesehatan. 

Meski mereka menyadari risiko di masa depan, pendapatan yang tidak seimbang dengan tuntutan hidup saat ini menjadi hambatan dalam mempersiapkan keuangan untuk masa mendatang.

Oleh karena itu, Allianz Syariah berupaya menyediakan solusi keuangan yang dikhususkan bagi generasi muda untuk bisa menjamin masa depan keluarga mereka.

AlliSya LegacyMax hadir utnuk membantu persiapan finansial berupa warisan bagi keluarga yang ditinggalkan. 

Inovasi Layanan

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana, menegaskan bahwa Allianz Syariah menyediakan inovasi layanan dan produk proteksi kelas dunia yang sesuai dengan kebutuhan, khususnya bagi keluarga muda. 

Allianz Syariah ingin menjangkau setiap orang untuk mendapatkan perlindungan yang komprehensif sambil meneruskan nilai berbagi kebaikan, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk keluarga dan sesama umat.

“Hal ini sesuai dengan nilai-nilai utama yang kami junjung: Universal, Trustworthy, Security, Fairness, dan Collaborative,” papar Permana dalam konferensi pers peluncuran AlliSya LegacyMax, Selasa, 30 April 2024.

Rina Triana, Head of Product Marketing & Development Allianz Life Syariah Indonesia, menjelaskan bahwa AlliSya LegacyMax dapat dicicil dan memberikan santunan asuransi sebagai warisan bagi keluarga yang ditinggalkan. 

Produk ini juga menawarkan manfaat hidup yang dapat digunakan peserta untuk mencapai berbagai rencana dan impian keluarga di masa depan. Rina pun menjelaskan bahwa produk ini disiapkan untuk anak muda karena demografi yang mendominasi. 

“Saat ini memang generasi muda sudah sangat mengerti, seiring dengan upaya peningkatan penetrasi (industri asuransi). Selain itu, saat ini generasi muda memang yang paling banyak di Indonesia,” ujar Rina.

Haykal Kamil, seorang public figure, pebisnis, dan ayah yang kini sudah memiliki satu anak, turut hadir dalam acara peluncuran AlliSya LegacyMax, memberikan pandangannya mengenai pentingnya asuransi demi masa depan keluarga. 

Sebagai kepala keluarga, Haykal memprioritaskan prinsip gaya hidup halal dan telah merancang perencanaan keuangan untuk memenuhi kebutuhan keluarga kecilnya serta mewujudkan impian putrinya di masa depan.

Baginya, keluarga akan selalu menjadi prioritas utama bagi dirinya sehingga ia pun melihat adanya kebutuhan untuk mempersiapkan masa depan bagi keluarganya, terutama anaknya.

“Untuk itu, keinginan dalam menjaga dan mewujudkan impiannya itu menjadi bagian penting bagi saya untuk mempersiapkan persiapan finansial yang matang, khususnya dengan mengandalkan instrumen keuangan yang mengedepankan nilai syariah,” ujar Haikal.

Rina Triana menekankan bahwa produk ini memiliki nilai tambah melalui fitur-fitur yang menguntungkan dan didasarkan pada tiga prinsip utama dalam menjalankan amanah, yaitu kontribusi melalui dana Tabarru, dana Tanahud, dan Wakaf.

Baca Juga: Teknologi Blockchain Bisa Percepat Klaim Industri Asuransi

Dari segi persiapan finansial keluarga, AlliSya LegacyMax memberikan perlindungan finansial hingga usia 120 tahun bagi pihak yang diasuransikan. 

Dengan produk ini, peserta dapat memperoleh perlindungan ekstra dengan total manfaat santunan hingga 150%. 

Selain itu, peserta juga dapat memperoleh manfaat hidup yang dapat ditarik mulai dari tahun polis ke-15 atau ke-25, tergantung pada usia saat memulai polis. 

Manfaat hidup ini merupakan penerapan dari konsep Dana Tanahud, yang fatwanya baru dikeluarkan oleh DSN MUI pada akhir 2023. 

Manfaat hidup dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pribadi atau keluarga, seperti biaya ibadah (umroh/haji), biaya pensiun, atau biaya terkait anak seperti pendidikan atau pernikahan. 

Peserta juga dapat menggunakan manfaat hidup untuk berbagi kebaikan melalui donasi atau sumbangan. Prinsip berbagi kebaikan juga diperkuat melalui fitur wakaf dalam produk AlliSya LegacyMax. 

Untuk memudahkan peserta mewujudkan nilai kebaikan dalam AlliSya LegacyMax, tersedia pilihan masa pembayaran kontribusi yang fleksibel sesuai kebutuhan peserta, mulai dari pembayaran tunggal hingga berkala selama 5, 10, atau 15 tahun.