<p>Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum/ allianz.co.id</p>
IKNB

Allianz Utama Catatkan Pertumbuhan 12 Persen pada Kuartal III-2023

  • PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) berhasil mencatatkan pertumbuhan positif secara year-on-year sebesar 12% dengan total pendapatan premi sebesar Rp604,2 miliar pada kuartal III-2023.
IKNB
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) berhasil mencatatkan pertumbuhan positif secara year-on-year sebesar 12% dengan total pendapatan premi sebesar Rp604,2 miliar pada kuartal III-2023. 

Di periode yang sama, Allianz Utama juga berhasil mencatatkan laba setelah pajak sebesar Rp13,5 miliar. Perusahaan juga kuat secara finansial dengan tingkat solvabilitas sebesar 413,6%, di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator, yaitu 120%.

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima TrenAsia.com pada Jum’at, 22 Desember 2023, Presiden Direktur Allianz Utama menyebut ekonomi Indonesia yang bergerak positif ini secara tidak langsung mendukung pertumbuhan premi asuransi umum secara keseluruhan. 

Untuk diketahui, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2023 tetap tumbuh kuat sebesar 4,94% dibandingkan periode yang sama tahun 2022. 

“Kami optimis penjualan produk asuransi umum yang kami miliki bisa terus memberikan kontribusi dan mendorong kinerja perusahaan, untuk memberikan perlindungan ke lebih banyak lagi masyarakat Indonesia. Kami juga terus konsisten mengembangkan produk-produk inovatif yang dapat melindungi gaya hidup masyarakat saat ini,” kata Sunadi.

Dari sisi produk, sampai dengan November 2023, Allianz Utama Indonesia mencatat adanya pertumbuhan premi asuransi perjalanan lebih dari 10% dibanding tahun sebelumnya, atau memberikan kontribusi ke Gross Written Premium (GWP) sebesar 12%. 

Hal ini menjadikan asuransi perjalanan sebagai salah satu produk dengan kontribusi besar terhadap premi perusahaan untuk tahun 2023. Peningkatan kontribusi produk asuransi perjalanan ini sejalan dengan pariwisata internasional yang tumbuh sebesar 86% pada kuartal I 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan positif juga terjadi pada industri asuransi umum. Berdasarkan data yang dirilis oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pada kuartal III tahun 2023 ini premi industri asuransi umum mengalami pertumbuhan sebanyak 10,1% secara year-on-year.