<p>Singa legendaris MGM</p>
Dunia

Amazon Rogoh Kocek Miliaran Dollar Buat Beli Studio Produksi Tom And Jerry

  • Amazon.com dikabarkan telah sepakat mengakuisisi studio produksi kartun legendaris Tom And Jerry, Metro Goldwyn Mayer (MGM) pada Rabu, 26 Mei 2021.

Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA – Amazon.com dikabarkan telah sepakat mengakuisisi studio produksi kartun legendaris Tom And Jerry, Metro Goldwyn Mayer (MGM) pada Rabu, 26 Mei 2021.

Selain Tom And Jerry, perusahaan yang didirikan pada 1942 ini juga diketahui memegang lisensi terhadap sejumlah siaran populer lainnya seperti “Shark Tank” dan “James Bond”.

Demi memiliki studio ini, dana yang digelontorkan Amazon terbilang banyak. Amazon dilaporkan rela merogoh kocek US$8,45 miliar atau setara Rp120,8 triliun (asusmsi kurs Rp14.400 per dollar AS) untuk akuisisi.

Kesepakatan akuisisi tersebut disinyalir bertujuan untuk meningkatkan serta memperkuat unit layanan siaran streamingnya, Amazon Prime Video.

Seperti diketahui, Amazon saat ini telah terlibat dalam persaingan bisnis siaran Streaming dengan sejumlah perusahaan lain seperti Netflix, Disney+, HBO max dan Apple TV.

Selain itu, pasar siaran streaming dilaporkan mengalami lonjakan saat pandemi melandaDengan memiliki MGM sebagai bagian dari siaran streamingnya, persaingan Amazon dengan sejumlah penyedia layanan streaming lainnya bakal semakin ketat.

Menurut wakil direktur Prime Video And Amazon Studio Mike Hopkins, akuisisi Amazon terhadap MGM merupakan hal menarik lantaran membuka peluang dalam menyajikan siaran berkualitas tinggi.

“Nilai finansial sebenarnya di balik kesepakatan ini adalah harta karun (kekayaan intelektual) dalam katalog mendalam yang kami rencanakan untuk ditata ulang dan dikembangkan bersama dengan tim berbakat MGM,” ujar Hopkins mengutip dari Reuters pada Kamis, 27 Mei 2021.

Upaya memperkuat posisi layanan streaming Amazon sebelumnya juga telah dilakukan. Beberapa waktu terakhir, Amazon membuat taruhan besar untuk memikat para penggemar olahraga.

Pada Maret 2021, Amazon dikabarkan membeli lisensi sejumlah siaran olahraga termasuk untuk laga NFL yang populer di Amerika Serikat dengan menggelontorkan dana sekitar US$1 miliar dollar.

Sekedar info, pembelian MGM studio merupakan akuisisi terbesar kedua yang pernah dilakukan oleh Amazon.

Sebelumnya, pada 2017 lalu Amazon diketahui pernah membeli perusahaan supermarket Amerika Serikat, Whole Foods Market seharga US$13,7 miliar. (RCS)