AMD
Dunia

AMD Buat Pabrik di India, Nilai Investasi Rp6 Triliun

  • AMD tersebut termasuk pembuatan pabrik baru di Bengaluru, sebuah kawasan teknologi ternama di India. Pabrik ini berada di tanah seluas 4,5 hektare.
Dunia
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

BENGALURU- Produsen chip asal Amerika Serikat, Advanced Micro Devices (AMD), akan melakukan  investasi besar-besaran senilai US$400 juta atau sekitar Rp6 triliun (kurs Rp15.000) di India. Investasi AMD tersebut termasuk pembuatan pabrik baru di Bengaluru, sebuah kawasan teknologi ternama di India. Pabrik ini berada di tanah seluas 4,5 hektare. 

Pengumuman ini disampaikan oleh Chief Technology Officer AMD, Mark Papermaster. “Tim India kami akan terus memainkan peran penting dalam menghadirkan solusi adaptif dan berkinerja tinggi yang mendukung pelanggan AMD di seluruh dunia,”ujar Mark, dilansir reuters, senin, 31 Juli 2023.

Dalam upaya memperkuat posisinya dalam industri chip berteknologi tinggi, pemerintah India berusaha menarik investasi besar besaran di sektor ini. Pada tahun 2021, perdana meteri India Narendra Modi meluncurkan program subsidi senilai US$10 miliar atau sekitar Rp150 triliun untuk sektor chip. Rencana AMD untuk membuat pusat industri baru di Bengaluru akan menciptakan 3.000 lapangan kerja baru. Sebelumnya AMD telah mendirikan 10 unit usaha lain di India, yang telah menyerap total 6500 tenaga kerja.

Chip AMD telah dikenal secara global, dan digunakan dalam berbagai perangkat elektronik. Saat ini AMD juga tengah mengembangkan chip kecerdasan buatan (AI) untuk menggeser Nvidia Corp yang mendominasi segmen ini. 

Selain memproduksi Chipnya sendiri, AMD juga mempercayakan produksi chip yang dirancangnya kepada pihak ketiga, salah satunya pada perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Sistem kerjasama seperti ini telah diadopsi oleh beberapa produsen chip terkemuka untuk mengatasi gangguan rantai pasokan serta untuk menguasai produksi chip mutakhir.

Dengan investasi strategis ini, AMD akan memperkuat kehadirannya di pasar India dan berkontribusi secara signifikan pada pertumbuhan sektor chip di negara ini. Pabrik baru di Bengaluru diharapkan akan beroperasi pada akhir tahun ini, menjadi tonggak penting dalam perjalanan India menjadi pemain utama dalam industri semikonduktor global.