Pelantikan Andi Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian di Istana Negara, Rabu 25 Oktober 2023 (Foto: tangkapan layar Youtube Sekretariat Kepresidenan)
Nasional

Amran Sulaiman Kembali Isi Pos Menteri Pertanian

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju (KIM) dalam sisa masa jabatan 2019-2024 di Istana Merdeka, Rabu 25 Oktober 2023.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju (KIM) dalam sisa masa jabatan 2019-2024 di Istana Merdeka, Rabu 25 Oktober 2023. 

Amran Sulaiman dilantik untuk menggantikan jabatan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri karena terjerat dugaan kasus pemerasan dalam jabatan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian. 

"“Bersediakah saudara diambil sumpah dalam agama islam?,” tanya Presiden Jokowi sebelum mengambil sumpah kepada Andi Amran Sulaiman, dikutip dari siaran Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 25 Oktober 2023. Amran lantas menjawab pertanyaan tersebut dengan bersedia.

Usai diambil sumpahnya, Andi Amran Sulaiman kemudian melakukan penandatanganan berkas di hadapan Presiden Jokowi. Ia nantinya akan menjabat sebagai Menteri Pertanian di sisa waktu periode pemerintahan Presiden Jokowi hingga 2024 mendatang. 

Amran Sulaiman bukanlah orang baru dalam bidang kementerian tersebut. Dirinya telah menjabat sebagai Menteri Pertanian pada periode 2014-2019. Ia tidak lagi menduduki jabatan tersebut pada periode pemerintahan Presiden Jokowi yang kedua karena digantikan oleh Syahrul Yasin Limpo. 

Amran Sulaiman adalah seorang profesional yang memiliki latar pendidikan di bidang pertanian. Dia menyelesaikan program sarjana hingga doktor dalam ilmu tersebut di Universitas Hassanudin. 

Sejumlah pihak menilai Amran cukup berhasil ketika menjabat Mentan di periode pertama kepemimpinan Jokowi. Dia membuat sejumlah gebrakan dan menyusun langkah strategis menuju swasembada pangan nasional dan menjadi lumbung pangan dunia. 

Penunjukan Amran Sulaiman menutup spekulasi bahwa posisi Mentan bakal diisi politikus dari PDI Perjuangan atau Demokrat.