<p>Gedung Waskita Rajawali Tower dikawasan MT Haryono, Jakarta Selatan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Anak BUMN: Waskita Karya Realty Bidik IPO pada 2022-2023

  • Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) akan mengantar anak usahanya, PT Waskita Karya Realty, melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2022 atau awal 2023.

Industri

Laila Ramdhini

JAKARTA – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) akan mengantar anak usahanya, PT Waskita Karya Realty, melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2022 atau awal 2023.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono menuturkan Waskita Realty mengelola seluruh portofolio investasi perusahaan di bidang properti seperti residensial, hotel, hingga perkantoran.

“Kami menargetkan initial public offering Waskita Realty pada tahun 2022 atau 2023 mendatang,” ujar Destiawan saat outlook Samuel Sekuritas, Selasa, 5 Januari 2021.

Destiawan menjelaskan Waskita Karya Realty memiliki dua merek utama yaitu Vasaka untuk residensial dan superblok, serta Teraskita untuk hotel dan perkantoran.

Waskita Realty bekerja sama dengan Moderna Land Cibitung tengah menggarap kawasan superblok di atas lahan seluas 350 hektare (ha) di Cibitung, Jawa Barat. Adapun kepemilikan modal Waskita Realty dalam proyek ini sebesar 60% dan sisanya Modern Land Group.

“Dari lahan tersebut, seluas 130 ha telah diakuisisi. Nantinya potensi luas lahan yang bisa dikembangkan mencapai 600 ha,” kata Destiawan.

Untuk tahap pertama, akan dibangun perumahan tapak Avasta. Waskita Realty sudah memasarkan Avasta dan telah mengantongi nomor urut pemesanan (NUP) sebesar 22% dari total unit yang ditawarkan.

Pengembangan landed house ini akan dilakukan mulai 2021. Selanjutnya, pembangunan dilanjutkan untuk area komersial hingga 2025.

Adapun saat ini Waskita Realty memiliki proyek Teraskita Hotel Jakarta dengan nilai investasi Rp340 miliar, Teraskita Hotel Bandung Rp130 miliar, dan Teraskita Hotel Makassar Rp 150 miliar.

Kemudian, Brooklyn Jakarta Rp 920 miliar, Yukata Suites Jakarta Rp790 miliar, Solterra Jakarta Rp1,07 triliun, Nines Plaza& Residence Rp1,27 triliun, dan 88 Avenue Surabaya Rp1,12 triliun.

Selain itu Reiz Condo Medan Rp 820 miliar, Waskita Rajawali Tower Rp 540 miliar, Vasaka City Rp 8 triliun dan Wanakarta City Rp 5 triliun. (SKO)