<p>Tambang Emas Citra Palu Minerals milik PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) dari Grup Bakrie / Dok. Perseroan</p>
Korporasi

Anak Usaha Bumi Resources Minerals (BRMS) Sukses Temukan Cadangan Bijih Emas 4,6 Juta Ton

  • Anak usaha BMRS, PT Citra Palu Minerals berhasil menemukan cadangan emas di tambang Poboya, Palu, Sulawesi Tengah.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) mengumumkan bahwa anak usahanya yaitu PT Citra Palu Minerals (CPM) sukses mencatatkan hasil positif dari aktivitas pengeboran di proyek tambang emas di Poboya, Palu, Sulawesi Tengah.

CPM berhasil menemukan tambahan cadangan bijih emas sebesar 4,6 juta ton dengan kadar 1,19 g/t Au dari lokasi penambangan terbuka di River Reef dan Hill Reef yang merupakan bagian dari Blok Poboya (Blok-1).

Selanjutnya, CPM juga memberikan informasi terkini mengenai kemajuan pembangunan pabrik pengolahan bijih emas yang kedua dengan kapasitas 4.000 ton bijih per hari. Hampir seluruh perlengkapan utama dari pabrik diharapkan akan tiba di Palu sesuai jadwal di bulan Februari dan Maret 2022. 

Perlengkapan utama dari pabrik tersebut seperti Sag mill, Ball Mill, Crusher, Cyclone, Elution, dan Electrowinning di fabrikasi di luar negeri, yakni Australia, Afrika Selatan, dan China. 

Sementara, perlengkapan seperti tangki Carbon in Leach dan Thickener dibuat di Indonesia. Seluruh perlengkapan ini akan diinstalasi lebih lanjut untuk menjadi pabrik yang siap beroperasi dengan kapasitas 4.000 ton bijih per hari di Poboya, Palu.

Direktur Utama BRMS Suseno Kramadibrata berharap pabrik kedua ini dapat mulai berproduksi penuh pada kuartal III-2021. Ia optimistis hal ini akan berdampak positif terhadap kinerja produksi emas, penjualan, dan laba bersih BRMS. 

“Penambahan cadangan emas di Blok Poboya juga akan menambah usia produktif tambang yang mana akan menambah nilai bagi para pemegang saham BRMS,” ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu, 9 Februari 2022.

Di lantai bursa, saham BRMS naik 1,46% ke level harga Rp139 per lembar pada akhir sesi perdagangan Rabu, 9 Februari 2022. Dalam sehari, saham BRMS bergerak pada rentang Rp136 – Rp142 per lembar dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp19,71 triliun.