Industri

Anak Usaha Kalbe Farma, KGBio Raup Investasi Rp770 Miliar dari General Atlantic

  • Rencananya, dana tersebut akan digunakan KGBio untuk pembiayaan uji klinis produk-produk biologi, inovasi dan perluasan portofolio produk KGBio serta peningkatan kapasitas fasilitas produksi.

Industri
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Kalbe Genexine Biologics (KGBio), anak usaha PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) menerima suntikan dana sebesar US$55 juta atau sekitar Rp770 miliar (asumsi kurs Rp14.000 per dolar AS). Investasi ini dilakukan oleh perusahaan financial investor dari Negeri Paman Sam, General Atlantic (GA).

Rencananya, dana tersebut akan digunakan KGBio untuk pembiayaan uji klinis produk-produk biologi, inovasi dan perluasan portofolio produk KGBio serta peningkatan kapasitas fasilitas produksi.

KGBIo sendiri merupakan perusahaan joint venture antara KLBF dengan perusahaan bioteknologi uji klinis asal Korea Selatan, Genexine.

Presiden Komisaris Kalbe Farma, Irawati Setiady mengatakan, obat biologi merupakan salah satu pendorong pertumbuhan Kalbe. KGBio sebagai perusahaan yang berbasis R&D, menyediakan produk biologi dan imunonkologi yang inovatif, serta produk biosimilar yang memberikan solusi terbaik untuk terapi pengobatan.

“Kami menyambut baik kesempatan untuk bekerja sama dengan General Atlantic, sebagai salah satu perusahaan financial investor global khususnya untuk pengembangan life science,“ ujar Irawati melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Rabu 27 Januari 2021.

Inovasi Bioteknologi Global

Sementara, CEO Genexine yang juga Komisaris KGBio, Dr. Sung Young-Chul menyatakan bahwa kolaborasi dengan Kalbe sejauh ini sangat sukses untuk menghadirkan inovasi bioteknologi global. Ia pun berharap, aliansi ini akan membawa lebih dekat pada tujuan perusahaan.

“Kami sangat senang General Atlantic bergabung sebagai partner di KGBio. Genexine berbagi visi dengan Kalbe untuk menciptakan platform bioteknologi terkemuka untuk wilayah Asia Tenggara,” tuturnya.

Sedangkan, Managing Director sekaligus Head of Indonesia General Atlantic, Ashish Saboo mengapresiasi komitmen KGBio untuk memenuhi kebutuhan terapi kesehatan di kawasan Asia-Pasifik.

Ia menilai KGBio telah menyediakan terapi kesehatan yang efektif dan terjangkau untuk kondisi kesehatan yang kronis.

“Kami sangat senang dapat mendukung KGBio dalam perjalanan mereka untuk mendorong inovasi bioteknologi global,” tambah Ashish.