Industri

Anak Usaha Perusahaan Milik Boy Thohir Refinancing Utang Rp6,41 Triliun

  • Anak usaha PT Surya Essa Perkasa Tbk. (ESSA), PT Panca Amara Utama atau PAU, berencana refinuancing utang dengan mencari dana hingga US$450 juta atau Rp6,41 triliun (kurs tengah BI Rp14.245 per US$1). Caranya, dengan menerbitkan surat utang atau dengan pinjaman bank. Mengutip prospektus perseroan yang dirilis Rabu, 3 Juni 2020, rencana tersebut memerlukan persetujuan terlebih […]

Industri
Issa Almawadi

Issa Almawadi

Author

Anak usaha PT Surya Essa Perkasa Tbk. (ESSA), PT Panca Amara Utama atau PAU, berencana refinuancing utang dengan mencari dana hingga US$450 juta atau Rp6,41 triliun (kurs tengah BI Rp14.245 per US$1). Caranya, dengan menerbitkan surat utang atau dengan pinjaman bank.

Mengutip prospektus perseroan yang dirilis Rabu, 3 Juni 2020, rencana tersebut memerlukan persetujuan terlebih dahulu dari pemegang saham perseroan.

Sehubungan dengan rencana transaksi, PAU akan menjaminkan seluruh aset yang dimilikinya untuk menjamin rencana transaksi tersebut. Surya Essa juga akan menjaminkan seluruh saham PAU yang dimiliki oleh perseroan untuk rencana transaksi.

Perseroan juga akan memberikan jaminan perusahaan (corporate guarantee) dalam penerbitan Surat utang dan atau pinjaman bank ini.

Secara rinci, obyek transaksi surat utang direncanakan sebesar maksimum US$350 juta, dan pinjaman bank maksimum US$100 juta dengan tingkat bunga maksimum 7,5%. Adapun maksimal nilai penjaminan sebesar US$500 juta.

Dengan asumsi dana hasil rencana transaksi akan diserap seluruhnya, PAU berencana untuk menggunakan seluruh dana bersih yang diperoleh dari rencana ini setelah dikurangi komisi-komisi, biaya-biaya, dan pengeluaran-pengeluaran yang dikeluarkan akan digunakan untuk untuk keperluan pembiayaan nilai outstanding utang pokok PAU per 31 Desember 2019 yaitu sebesar US$444,23 juta.

Sebagai informasi, Surya Essa yang dipimpin Garibaldi (Boy) Thohir merupakan suatu perusahaan induk yang melakukan kegiatan usaha utama di bidang industri pemurnian dan pengolahan gas alam. Sedangkan PAU merupakan entitas anak yang melakukan kegiatan usaha utama di bidang industri kimia dasar organik yang bersumber dari minyak bumi, gas alam dan batu bara.