Sarana Menara Nusantara
Korporasi

Anak Usaha Sarana Menara Nusantara (TOWR) Dapat Pinjaman Rp500 Miliar dari MUFG Bank

  • Anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dan PT Iforte Solusi Infotek (Ifortek) menandatangani perjanjian kredit dari MUFG Bank senilai Rp500 miliar
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA - Anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dan PT Iforte Solusi Infotek (Ifortek) menandatangani perjanjian kredit dari MUFG Bank senilai Rp500 miliar.

Sekretaris Perusahaan TOWR Monalisa Irawan mengungkapkan, pinjaman ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja perseroan.

"Informasi atau fakta material yang diungkapkan tidak memiliki  dampak material terhadap kegiatan operasional, hukum kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan," ungkap Monalisa dalam keterbukaan informasi, Selasa 3 Januari 2023.

Ia melanjutkan, adapun tanggal jatuh tempo adalah 31 Desember 2023.

Sebagai informasi, TOWR menggenggam kepemilikan 99,9997% pada Protelindo secara langsung. Lalu, Protelindo memiliki 99,99% saham pada Iforte. 

Sebelumnya, Protelindo juga menandatangani perjanjian kredit dengan PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) senilai Rp500 miliar pada Oktober 2022. Adapun tanggal jatuh tempo adalah dua belas bulan setelah penandatanganan perjanjian kredit.

Sementara itu, MUFG juga baru saja merampungkan pendanaan kepada Silvarr Technology Co., Ltd. (Akulaku) senilai US$200 juta atau setara dengan Rp3,1 triliun  pada Senin (26/12). 

Lewat Akulaku sebagai perusahaan fintech, MUFG berencana untuk memperluas ekspansi layanan keuangan di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya. Khususnya, menyediakan layanan keuangan digital seperti Beli Sekarang Bayar Nanti (paylater) dan pinjaman tunai juga akan memperkuat penangkapan finansial kebutuhan dalam skenario online, selain yang ada di toko offline. 

Kilas balik, pada Februari 2020, MUFG membentuk aliansi modal dan bisnis dengan Grab, operator aplikasi super yang berfokus pada transportasi online dan pengiriman makanan di Asia Tenggara, untuk menyediakan layanan keuangan generasi mendatang yang menggabungkan pengetahuan keuangan MUFG dan pengetahuan dengan teknologi canggih dan pemanfaatan data Grab. 

Selanjutnya, pada November 2022, MUFG mengumumkan akuisisi HC Filipina dan HC Indonesia, perusahaan pembiayaan konsumen terkemuka yang menyediakan pinjaman POS, dengan tujuan memperkuat penangkapan kebutuhan finansial di toko offline.