<p>MDI Ventures Pimpin Pendanaan Seri C Untuk Cermati, Kini Jadi Perusahaan Holding /Dok Kementerian BUMN</p>
Fintech

Anak Usaha Telkom Suntik Pendanaan Seri C untuk Start Up Cermati

  • Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, MDI Ventures memimpin pendanaan seri C untuk startup aggregator produk finansial Cermati pada April 2021. Sebelumnya, Djam Group melalui Central Capital Ventura (CCV) telah lebih dulu memimpin pendanaan seri B untuk Cermati pada 2018.

Fintech
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA – Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, MDI Ventures, memimpin pendanaan seri C untuk start up aggregator produk finansial Cermati pada April 2021. Sebelumnya, Djam Group melalui Central Capital Ventura (CCV) telah lebih dulu memimpin pendanaan seri B untuk Cermati pada 2018.

Chief Executive Officer (CEO) MDI Ventures Donald Wijaya merahasiakan nominal pendanaan yang digelontorkan untuk Cermati. Untuk diketahui, nominal tertinggi pendanaan seri C bisa mencapai US$38,4 juta.

“Kami turut mendukung Cermati dalam menawarkan produk-produk micro insurance dan micro lending hingga berperan penting terhadap inklusi keuangan Indonesia,” kata Donald dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis, 6 Mei 2021.

Dana tersebut bakal digunakan Cermati untuk pengembangan produk dan teknologi baru. Selain itu, tambahan dana ini dialokasikan  untuk menambah personel baru perusahaan. Cermati juga diketahui akan menambah layanan baru dengan strategi embedded fintech.

Dengan kesepakatan ini, Cermati bakal menjadi perusahaan holding di bawah Telkom Group bernama Cermati Fintech Group (CFG). Perusahaan ini bakal membawahi lini bisnis lain seperti Cermati.com untuk layanan agregatir produk finansial, Cermati Protect yang merupakan penyedia layanan insurance technology (insurtech), hingga perusahaan fintech lending Indodana.

Cermati tercatat telah memiliki total 20 juta pengguna. Ditopang oleh teknologinya, Telkom Group ingin memuluskan ambisi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menciptakan inklusivitas layanan keuangan digital.

CEO dan Co-Founder Cermati Andhy Koesnandar menjelaskan suntikan dan dari MDI Ventures membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan BUMN lainnya.

“Kami berharap dapat memanfaatkan jaringan MDI yang kuat di lingkungan Telkom Group dan BUMN dapat meningkatkan kapabilitas produk dan aset kami,” terang Andhy.

Sementara itu, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya menyebut, kehadiran Cermati sudah melengkapi ekosistem keuangan digital yang dibangun MDI Ventures.

“Kolaborasi antara anak perusahaan dan entitas unit bisnis Telkom Group dengan Cermati untuk melahirkan produk-produk digital yang inovatif, khususnya di sektor financial services sehingga dapat memberikan dampak positif kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

MDI Ventures tercatat telah memiliki 50 portofolio, baik lokal mau pun global. Di tahun ini, MDI Ventures bakal fokus mengembangkan sektor  Fintech, Agritech, Logistic, Health, New Retail dan Deep Tech. (LRD