Waskita
Korporasi

Anak Usaha Waskita Karya Jual Tol Semarang-Batang Rp3,82 Triliun ke Perusahaan Asal Hong Kong

  • PT Waskita Toll Road (WTR) resmi menjual 39,77% saham PT Jasamarga Semarang Batang, kepada perusahaan asal Hong Kong, Road King Infrastructure.
Korporasi
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), PT Waskita Toll Road (WTR) resmi menjual 39,77% saham PT Jasamarga Semarang Batang, kepada perusahaan asal Hong Kong, Road King Infrastructure Ltd.

Adapun Road King melalui anak usahanya King Bless menggelontorkan dana mencapai HK$1,9 miliar atau sama dengan Rp3,82 triliun.

"Langkah ini merupakan peluang yang sangat besar bagi Grup untuk memperluas portofolio jalan tol di Indonesia," kata Chairman Road King, Derek Zen Wei Peu lewat keterangan resmi pada Jumat, 30 September 2022.

Dirinya menambahkan Road King terus berusaha secara optimal dan menjaga agar bisnis jalan tol yang sudah baik dengan berupaya mencari peluang strategis untuk berinvestasi pada proyek jalan tol. Adapun penandatanganan sales and purchase agreement (SPA) dilaksanakan pada 27 September silam.

Selain itu, dengan beroperasinya tol Semarang-Batang yang juga merupakan bagian dari Trans Jawa, Road King akan mendapatkan pemasukan sebagai bagian dari aksi akuisisi.

King Bless juga telah menyetujui jadwal beserta mekanisme pembayaran kepada pengelola Reksa Dana Penyertaan Terbatas SAM Jalan Tol (RDPT SAM) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI) yang masing-masing akan menggenggam saham Semarang-Batang yaitu sebesar 20% dan 19,77%.

Dengan adanya aksi ini, maka kepemilikan saham Semarang-Batang akan terdiri dari PT Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) sebanyak 44,18%, King Bless 39,77% dan PT Lintas Marga Jawa (LMJ) 16,05%.

Sebagai informasi, Waskita Toll dan Road King akan melakukan finalisasi atas transaksi tersebut lewat penandatanganan akta jual beli yang ditargetkan selesai pada kuartal keempat 2022.