<p>Gedung milik PT Waskita Karya (Persero) Tbk. / Id.pinterest.com</p>
Korporasi

Anak Usaha Waskita Karya Suntik Pinjaman Rp622 Miliar ke CTT untuk Bangun Tol Cimanggis-Cibitung

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) lewat anak usahanya PT Waskita Toll Road (WTR) telah memberikan pinjaman secara tunai kepada PT Cimanggis Cibitung Tollways (CTT).
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) lewat anak usahanya, PT Waskita Toll Road (WTR) telah memberikan pinjaman secara tunai kepada  PT Cimanggis Cibitung Tollways (CTT).

Berdasarkan keterangan resmi perseroan, WTR telah memberikan pinjaman berdasarkan Perjanjian Fasilitas Pinjaman Pemegang Saham Nomor FPPS/05.2/WTR/0222  pada 11 Februari 2022, sebesar Rp622,527 miliar. Besaran bunga dari transaksi tersebut ialah 8,5% per tahun, serta jangka waktu pinjaman pemegang saham sampai dengan 30 Desember 2022. 

Nilai transaksi ini berjumlah 3,95% dari ekuitas perseroan per kuartal III-2021, serta termasuk dalam 2,65% ekuitas dari WTR, sebagaimana yang terlihat dalam laporan konsolidasi WTR.

Hasil pinjaman tersebut akan digunakan untuk pembangunan ruas Jalan Tol Cimanggis - Cibitung dengan segmen on/off Jatikara - Simpang susun Cikeas, sebagai proyek yang digarap oleh CTT.

Adapun transaksi ini termasuk kedalam transaksi afiliasi, karena keterkaitan antara CTT yang merupakan anak usaha dari WTR dengan kepemilikan saham mencapai 90%, sedangkan WTR merupakan anak usaha dari perseroan dengan kepemilikan saham sebesar 87,60%.

Selain itu, transaksi ini juga termasuk dalam transaksi material yang dilakukan perseroan, terkait fasilitas pinjaman pemegang saham secara tunai kepada PT Waskita Toll Road.

Sebagai informasi, pada perdagangan Rabu, 16 Februari 2022 saham WSKT berhasil naik 4,1% menguat 25 poin ke harga Rp635.