ponsel, smartphone, android, handphone
Tekno

Ancaman Malware Baru pada Ponsel Android, Hati-hati!

  • Simak penjelasan mengenai malware baru yang membahayakan ponsel Android sekaligus cara mencegahnya.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pengguna smartphone dan tablet Android tampaknya harus berhati-hati. Hal ini karena baru saja dikabarkan terdapat perangkat lunak atau software malware berbahaya yang menyusup ke beberapa aplikasi dan game utilitas umum yang baru-baru ini tersedia di Google Play Store.

Meski sekilas aplikasi-aplikasi tersebut tampak valid, aplikasi itu justru memiliki rahasia berbahaya yang dapat mengancam keamanan perangkat Anda. Setelah aplikasi tersebut dibuka, malware yang tersembunyi akan mengambil kendali perangkat Anda.

Hal yang lebih mengkhawatirkan adalah aplikasi yang disusupi malware ini ternyata telah diunduh lebih dari setengah juta kali. Oleh karena itu, ada baiknya Anda berhati-hati!

Malware Android Baru yang Berbahaya

Seperti yang dilansir Trenasia dari Gizchina pada Senin, 6 November 2023, ancaman tersebut terungkap dan dilaporkan oleh badan keamanan terkenal, Dr. Web. Mereka telah melakukan identifikasi dari daftar aplikasi yang terinfeksi perangkat lunak berbahaya ini.

Beberapa aplikasi Android yang mengandung malware berbahaya ini ternyata cukup populer, di mana ada ribuan pengguna yang telah instal. Aplikasi tersebut seperti Agen Shooter, Rainbow Stretch, Rubber Punch 3D, dan Super Skibydi Killer. Tidak hanya itu, aplikasi utilitas umum seperti aplikasi pengatur keuangan juga termasuk yang terkena malware ini.

Bahaya yang Ditimbulkan Aplikasi Terinfeksi Malware di Android

Malware yang menginfeksi dalam aplikasi-aplikasi tersebut membentuk atau muncul dalam iklan yang mengganggu. Bisa jadi, malware tersebut bertindak sebagai horse trojan yang menampilkan iklan agresif sehingga menghasilkan pendapatan bagi para hacker atau peretas. 

Bahkan, ketika Anda sudah menutup aplikasi yang terinfeksi, malware justru tetap membombardir Anda dengan iklan yang tidak diinginkan.

Lebih buruk lagi, software berbahaya ini bisa menggunakan teknik untuk menyembunyikan keberadaannya. Perangkat lunak tersebut dapat memanipulasi ikon aplikasi yang terinfeksi bahkan terkadang menggantinya dengan gambar transparan dan nama kosong.

Hal ini dilakukan agar pengguna kesulitan untuk mendeteksi dan menghapus aplikasi yang terinfeksi malware. Dalam beberapa kasus, aplikasi ini bahkan bisa mengganti ikonnya dengan ikon aplikasi populer dan terpercaya seperti Google Chrome.

Ancaman aplikasi malware tidak berakhir di situ. Beberapa aplikasi yang terinfeksi ini juga bisa membawa malware Joker yang terkenal yang mampu menipu pengguna agar tanpa disadari berlangganan layanan premium. Itu artinya keamanan informasi keuangan dan privasi Anda bisa terancam jika Anda tidak segera bertindak cepat.

Aplikasi Android yang Terinfeksi Malware

Seperti yang dilansir Trenasia dari Gizchina, berikut beberapa aplikasi Android yang telah disusupi malware dan harus segera dilakukan uninstal atau mencopot pemasangannya dari ponsel Anda.

  1. Agent Shooter
  2. Rainbow Stretch
  3. Rubber Punch 3D
  4. Super Skibydi Killer
  5. GazEndow Economic
  6. MoneyMentor
  7. TKF Program
  8. FinancialFusion
  9. Financial Vault
  10. Invest Calculator
  11. Eternal Maze
  12. Jungle Jewels
  13. Stellar Secrets
  14. Fire Fruits
  15. Cowboy’s Frontier
  16. Enchanted Elixir
  17. Beauty Wallpaper HD
  18. Love Emoji Messenger

Cara Tetap Aman dari Malware di Aplikasi Android

Pengguna smartphone Android tetap harus waspada dan berhati-hati ketika mengunduh aplikasi, bahkan ketika aplikasi tersebut diunduh dari sumber terpercaya seperti Google Play Store. Untuk melindungi perangkat Anda, segera ikuti langkah-langkah berikut ini.

Perbarui aplikasi dan OS secara teratur. Hal ini akan memastikan Anda memperoleh tambahan keamanan terbaru dan perlindungan keamanan yang lebih baik ketika ancaman malware muncul.

Unduh aplikasi dari sumber terpercaya, seperti Google Play dan hindari mengunduh aplikasi dari sumber pihak ketiga yang sering kali penuh dengan malware.

Instal perangkat lunak antivirus yang Anda dan bereputasi baik untuk memindai dan melindungi perangkat Anda dari malware berbahaya.

Baca ulasan pengguna dan permission atau izin aplikasi sebelum mengunduh. Berhati-hatilah jika aplikasi yang akan Anda instal meminta izin lebih dari yang dibutuhkan.

Berhati-hati terhadap iklan yang tidak diinginkan. Jika Anda sering menemukan iklan yang mengganggu muncul di perangkat Anda, segera selidiki aplikasi apa yang dapat menimbulkannya dan segera uninstall.

Itu tadi penjelasan mengenai malware baru yang membahayakan ponsel Android sekaligus cara mencegahnya.