Gaya Hidup

Anda Dapat Membeli Truk Pusat Komando FBI Seberat 27 Ton Ini

  •  WASHINGTON-Tidak sering kendaraan khusus yang pernah menjadi milik FBI muncul di lelang pemerintah, tetapi kini Anda yang ingin memiliki kendaraan besar i
Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

WASHINGTON-Tidak sering kendaraan khusus yang pernah menjadi milik FBI muncul di lelang pemerintah, tetapi kini Anda yang ingin memiliki kendaraan besar ini memiliki kesempatan.

Anda dapat mengajukan penawaran pada kendaraan komando seberat 27-ton yang telah dipensiun oleh FBI. Freightliner Argosy 2005 yang dimodifikasi telah dilucuti dari semua peralatan sensitif, tetapi masih memiliki parabola lipat besar di bagian belakang dan fitur berbeda lainnya yang dapat membantu mengubahnya menjadi RV unik atau pusat komando pribadi.

GSA

General Services Administration (GSA) Amerika sedang melelang truk yang saat ini berada di Auburn di Negara Bagian Washington tersebut. Tampaknya kendaraan ini milik Kantor Lapangan FBI di Seattle. 

Tidak jelas mengapa FBI memutuskan untuk mendivestasikan kendaraan ini, tetapi Freightliner berhenti menjual lini Argosy di Amerika Utara pada tahun 2006 dan mengakhiri produksi truk ini seluruhnya pada tahun 2020. Ini mungkin membuatnya semakin mahal dan rumit untuk mengoperasikan dan memelihara pusat komando mobil ini.   Saat ini tawaran tertinggi untuk kendaraan tersebut adalah US$28.423 atau sekitar Rp409juta.

GSA

Kendaraan komando eks FBI ini  ditenagai oleh mesin enam silinder Detroit Diesel Series 60. Selain berat kotor 27 ton kendaraan memiliki panjang 12 meter dan tinggi 4 meter.

Kabin memiliki kompartemen tidur untuk pengemudi dan interior trailer memiliki lantai terbuka.  Tidak ada kamar mandi atau wastafel. Tiga meja dan tiga set kursi juga termasuk dalam paket.

GSA mengatakan bahwa semua elektronik penting misi FBI telah dilepas. Tetapi truk itu masih memiliki parabola besar di bagian atas di bagian belakang. Ada juga tiang yang dapat diperpanjang di belakang kabin.

GSA

Gambar yang dilampirkan pada daftar GSA menunjukkan apa yang tampak sebagai sistem pembangkit listrik tambahan dan susunan baterai yang masih ada di kendaraan. Ini akan diperlukan untuk mendukung rangkaian alat komunikasi di dalam truk saat berada dalam layanan FBI.

Dikutip dari The Drive Kamis 3 Februrai 2022, gambar-gambar yang tersedia menunjukkan bahwa kendaraan tersebut memang memiliki interior seperti kantor dengan rak peralatan, serta meja-meja  masih ada di tempatnya. Ada berbagai kabel yang kemungkinan sebelumnya terhubung ke berbagai komputer, modem, radio, dan peralatan lainnya.

GSA

Namun GSA menekankan tidak menjamin kinerja mobil itu sendiri. Namun  dengan biaya tertentu mobil bisa diperbaiki dan dilengkapi dengan fasilitas yang lebih mewah. Pasti keren kan punya mobil raksasa bekas pusat komando FBI.