Gubernur DKI Anies Baswedan dalam kunjungan festival kopi khas sumedang di Kawasan Thamrin
Nasional

Anies Sambut Pemda Sumedang Pasarkan Produk UMKM di Kawasan Thamrin 10, Jakarta

  • Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang, dalam memproduksi dan memasarkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Sumedang di Kawasan Thamrin 10, Jakarta Pusat, pada Jumat, 10 Desember 2021.
Nasional
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang, dalam memproduksi dan memasarkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Sumedang di Kawasan Thamrin 10, Jakarta Pusat, pada Jumat, 10 Desember 2021. 

“Saya terima kasih antara Jakarta dengan Sumedang dimulai dari kerja sama yang menjadi aksi dan kegiatan. Mulai dari produksi beras untuk Jakarta, dan sekarang hasil UMKM warga Sumedang dipamerkan dan dipasarkan di Jakarta, di pusat perekonomian. Agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari produk tersebut,” ucap Anies Baswedan dalam keterangan pers.

Anies juga menjelaskan jika Pemda Sumedang sudah tepat memilih kawasan Thamrin 10 sebagai lokasi untuk memamerkan produk UMKM mereka. Sebab saat ini Jakarta sedang dalam usaha bangkit dari pandemi, sehingga harapannya dapat menggerakkan perekomian. 

“Thamrin 10 menjadi etalase usaha kecil mikro menengah, baik kuliner maupun karya untuk dinikmati warga Jakarta. Ini penuh kalau malam dan sebelum pandemi per hari perputaran ekonomi di sini bisa mencapai Rp180 juta per hari. Kini pandeminya sudah relatif terkendali dan kita mulai bangkit. Sangat tepat jika Sumedang masuk untuk memamerkan produk mereka,” tambah Anies.

Anies mengatakan jika Jakarta memiliki semua unsur yang ada di Indonesia. Ia pun berharap jika sumbangsih dari Jakarta bisa mampu menggerakkan perekonomian nasional, terlebih menggerakan sektor UMKM yang terdampak paling parah karena pandemi. 

“Kami Jakarta memiliki semua unsur yang ada di Indonesia. Saya harap Pasar Jaya membantu menyebarluaskan produk ini pascaeksebisi. Kita tahu persis, kegiatan mikro dan ultra mikro merasakan hantapan paling keras pada saat pandemi. Harapannya kegiatan ini dapat menggerakkan perekonomian nasional, ketika Jakarta terjadi transaksi lebih banyak, maka akan punya efek pada daerah produsen. Sehingga perputaran perekonomian jauh lebih cepat bangkitnya,” tutup Anies.