Photo by cottonbro studio: https://www.pexels.com/photo/man-wearing-gray-blazer-in-the-office-6814525/
Gaya Hidup

Anti Baper! 10 Cara Menghadapi Narsistik

  • Memiliki seorang narsisis dalam hidup Anda bisa membuat frustasi dan menantang emosional Anda.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Anda mungkin bertanya-tanya apakah pasangan, rekan kerja, atau anggota keluarga Anda adalah seorang narsistik.

Memiliki seorang narsistik dalam hidup Anda bisa membuat frustasi dan menantang emosional Anda.

Narsisis berpikir mereka lebih penting daripada yang lain dan sering mencari validasi dan pengakuan.

Narsisis dapat melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka umumnya tidak memiliki rasa kasih sayang dan tidak dapat terhubung secara intim dengan orang lain, bahkan orang-orang yang paling dekat dengan mereka.

Dilansir dari laman website webmd, jika Anda harus terlibat dengan orang-orang narsistik, berikut adalah langkah-langkah yang sebaiknya Anda lakukan.

1. Mempelajari narsistik

Cari tahu lebih lanjut tentang gangguan tersebut. Ini dapat membantu Anda untuk memahami kekuatan dan kelemahan narsisis dan mempelajari cara menanganinya dengan lebih baik. Mengetahui siapa mereka juga memungkinkan Anda menerima situasi apa adanya dan memiliki harapan yang realistis.

2. Membuat batasan

Perjelas batasan Anda. Ini mungkin membuat kesal atau mengecewakan si narsisis, tapi tidak apa-apa. Ingat, bukan tugas Anda untuk mengendalikan emosi orang itu.

3. Bicaralah untuk diri Anda sendiri

Ketika Anda membutuhkan sesuatu, katakan kepada mereka dengan jelas dan ringkas. Pastikan mereka memahami permintaan Anda.

4. Perhatikan kata-kata Anda

Narsisis tidak menerima kritik membangun dengan baik. Cobalah untuk membuat komentar dengan cara yang hati-hati dan positif.

5. Tetap tenang

Cobalah untuk tidak bereaksi jika mereka mencoba untuk berkelahi atau menyulut Anda (membuat Anda meragukan realitas Anda sendiri). Jika mereka menyerang, anggaplah mereka sebagai anak berusia 3 tahun yang merasa ditolak karena orang tuanya menetapkan waktu tidur.

6. Buat sistem pendukung

Hidup dengan seorang narsisis dapat menimbulkan perasaan tidak aman, kebingungan, dan keraguan diri. Pastikan Anda memiliki sekelompok orang inti dalam hidup Anda yang dapat mendukung Anda.

7. Jangan mengharapkan komunikasi yang mendalam dan bermakna

Orang narsisis memiliki sedikit empati, jadi komunikasi yang jujur ​​dan tulus sering kali tidak berhasil dan bahkan dapat menimbulkan kemarahan.

8. Jangan berharap mereka melihat sudut pandang Anda

Narsisis tidak suka mengakui ketika mereka salah atau bahwa mereka tidak dapat dicintai, jadi mencoba membuat mereka melihat hal-hal dengan cara Anda bisa menjadi bumerang.

9. Jangan mencoba untuk mengarahkan mereka

Narsisis suka memiliki kendali dan seringkali takut kehilangannya. Inilah mengapa upaya untuk memimpin atau menginstruksikan seorang narsisis sering kali gagal.

10. Jangan membahas masalah masa lalu

Jangan mencoba membuat mereka melihat perilaku panjang sejak bertahun-tahun yang lalu.

Orang dengan gangguan kepribadian narsistik biasanya tidak berubah, jadi ingatlah. Bahkan jika Anda belajar mengelola hubungan Anda dengan lebih baik, hubungan itu mungkin tidak akan pernah menjadi hubungan yang sehat.