david-bartus
Gaya Hidup

Anti Boncos, Hobi Ini Bisa Jadi Ladang Cuan dan Investasi

  • Walaupun biasanya hobi terkesan menguras duit, beberapa hobi malah bisa dijadikan investasi
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Memiliki sebuah hobi atau kesenangan khusus terhadap suatu hal biasanya menghabiskan banyak cuan. Terlebih, jika hobi yang Anda miliki sifatnya hanya memuaskan batin atau emosi sesaat.

Meski memiliki hobi merupakan sebuah haL penting, Anda perlu bijaksana untuk mengatur pengeluaran supaya tak boncos. Sebab, biasanya ketika terlalu asyik menggeluti hobi, tanpa sadar uang yang Anda miliki akan terkuras.

Walaupun biasanya hobi terkesan menguras duit, beberapa hobi malah bisa dijadikan investasi. Meski awalnya perlu modal, di masa depan, kesenangan ini malah menghasilkan untung bagi pemiliknya.

Mengutip berbagai sumber, berikut deretan hobi unik yang bisa dijadikan investasi sehingga berhasil mendatangkan cuan di masa depan.

1. Koleksi Komik

Banyak yang mengira bahwa komik tidak bisa dijadikan sebagai sebuah investasi. Pada kenyataannya, banyak kolektor komik yang rela membayar dengan harga tinggi untuk melengkapi koleksi komik miliknya.

Sebagai contoh, komik yang Superman edisi cetakan pertama memiliki harga yang dibanderol cukup tinggi.  Melalui situs e-bay, harga yang ditawarkan untuk bisa memiliki komik tersebut mencapai US$3,2 juta atau setara dengan Rp47,6 miliar (asumsi kurs Rp14.800 per dolar AS).

2. Koleksi Sneakers

Meski terkesan berfoya-foya, koleksi sneakers rupanya bisa menghasilkan jutaan rupiah.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh MyVoucherCodes di Amerika Serikat, 50 pasang sepatu yang telah dirilis selama bertahun-tahun memiliki nilai jual kembali lebih dari 60 kali harga aslinya.

Sebagai contoh,  Nike SB Dunk Low Reese Forbes Denims yang awalnya dijual seharga 65 dollar AS atau Rp942 ribu pada tahun 2002, saat ini bernilai lebih dari US$4000atau kisaran Rp57 juta.

Meski begitu, Anda perlu berhati-hati saat ingin berinvestasi lewat sneakers. Sebab, eskipun sneakers langka memiliki harga jual kembali yang tinggi sneakers akan mengalami fluktuasi.

3. Action Figure

Action figure merupakan sebuah replika dalam bentuk mainan yang bisa digerakkan sesuai dengan postur tubuh manusia.

Ada banyak sekali jenis action figure di dunia ini dan menjadi salah satu barang yang memiliki nilai jual tinggi. Sebagai contoh action figure Avenger atau Nendroid.

Beberapa action figure edisi terbatas dari karakter tertentu menjadi salah satu barang incaran para kolektor yang harganya bisa naik tiap tahun.

Anda bahkan bisa menjual sebuah action figure langka dengan harga puluhan juta rupiah.

4. Koleksi Tas Mewah

Selain meningkatkan gengsi, koleksi tas mewah dan bermerek rupanya bisa menjadi ladang cuan dan investasi.

Sama halnya dengan sneakers, tas mewah bermerek biasanya memiliki nilai jual yang stabil bahkan bisa terus meningkat, terutama bagi koleksi tas yang diproduksi terbatas.

Melihat peluang tersebut, tampaknya investasi ini cocok untuk para wanita yang memiliki hobi berbelanja.

5. Lego

Sama seperti action figure, Lego juga termasuk sebagai sebuah mainan. Namun, mainan yang biasa dimainkan oleh anak kecil ini memiliki nilai investasi yang tinggi.

Beberapa jenis Lego mengalami kenaikan harga yang cukup fantastis seiring berjalannya waktu. Salah satu contoh Lego yang mengalami kenaikan adalah Lego Death Star II yang dirilis pada 2005 dengan harga sekitar Rp3,6 juta, kini menjadi sekitar Rp22,5 juta.

6. Diecast

Diecast adalah salah  jenis mainan yang terbuat dari bahan besi. Bentuk dari diecast ini bermacam-macam, namun yang paling umum dipasarkan adalah replika mobil.

Potensi pasar dari diecast ini cukup besar. Para penggemar diecast bisa mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk membeli sebuah diecast, bahkan mungkin puluhan juta untuk diecast edisi terbatas.

7. Barang Antik

Jika Anda memiliki benda peninggalan keluarga Anda yang sudah sangat lawas, jangan hanya dipajang! Anda bisa memanfaatkan koleksi barang antik Anda untuk dijadikan sumber pemasukan.

Salah satu bentuk investasinya, Anda bisa menjual mobil antik kepada kolektor benda seni yang cocok. Banyak mobil antik yang ketika dijual ke kolektor seni mendapatkan harga ratusan juta bahkan miliaran.

Selain mobil, banyak benda antik yang bisa Anda jadikan lahan bisnis, seperti vinyl, vas, jam, lukisan dan lainnya.