Kado Lebaran
Rumah & Keluarga

Anti Lebar-an! Ini Cara Jaga Berat Badanmu Saat Lebaran

  • Anda bisa mencoba makan siang dan makan malam saat waktunya seperti mendekati buka puasa
Rumah & Keluarga
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Hari ini adalah hari Raya Idulfitri atau lebaran yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh penjuru dunia.

Sebulan penuh kita tidak banyak mengonsumsi makanan dan minuman. Tidak mengherankan jika pada hari pertama lebaran kita jadi suka mengonsumsi banyak makanan.

Meski begitu, hal ini tenntu saja tidak dianjurkan untuk dilakukan. Jika makan tidak terkontrol tetap dilakukan, maka dapat menyebabkan kenaikan berat badan, meningkatkan diabetes dan penyakit yang lain.

Oleh karena itu, simak tips ampuh mengatasi berat badan yang langsung naik saat Hari Raya Idulfitri atau lebaran berikut ini.

1. Jangan Lupa Sarapan

Meski sudah tidak dalam bulan Ramadan, Anda tetap wajib untuk sarapan bergizi. Hindari sarapan menggunakan makanan tidak bergizi dan berlemak. Makanan yang berlemak bisa membuat perut Anda menjadi kembung dan cepat kenyang.
 

2. Makan Siang dan Makan Malam

Anda bisa mencoba makan siang dan makan malam saat waktunya seperti mendekati buka puasa. Hal ini dipercaya membawa kebaikan untuk sistem pencernaan Anda. 

Selain itu, hindari makan malam tidak sehat dan waktunya sangat terlambat, karena hal tersebut dapat mengakibatkan penambahan berat badan. Jangan lupa untuk mengonsumsi banyak buah, sayur serta air putih yang cukup.

3. Batasi Makan Makanan Manis dan Kacang-kacangan

Hari Raya Idulfitri identik dengan mengonsumsi makanan manis seperti permen, cokelat dan kacang-kacangan. Anda tentu saja boleh mengonsumsinya, asal dengan porsi yang tidak terlalu banyak.
 

4. Tetap Olahraga

Saat libur lebaran, cobalah untuk melakukan olahraga di pagi hari agar tubuh Anda tetap segar dan bugar. Jika Anda tidak bisa melakukannya di pagi hari, cobalah berolahraga selama 10 menit sebelum tidur.