Tren Istilah Ekonomi: Apa Itu Resesi
Gaya Hidup

Anti Resesi, 5 Bisnis Ini Bisa Jadi Ladang Cuan Saat Ekonomi Tak Menentu

  • Isu resesi dunia menjadi momok tersendiri bagi masyarakat. Terlepas itu pebisnis maupun masyarakat kecil
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Isu resesi dunia menjadi momok tersendiri bagi masyarakat. Terlepas itu pebisnis maupun masyarakat kecil. Seolah trauma dengan keruntuhan ekonomi saat pandemi, isu resesi menjadikan masyarakat kembali putar otak agar bisa terus mendapat pemasukan hingga cuan.

Pasalnya, saat resesi berlangsung, otomatis krisis akan melanda. Inilah yang kemudian menjadikan daya beli masyarakat terhadap barang konsumsi ikut menurun.

Selain itu, ekonomi dan  jumlah lapangan pekerjaan diramalkan menurun saat resesi melanda. Meski demikian, sejumlah bisnis diprediksi bisa menjadi ladang cuan karena bisa dikatakan tahan banting.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah sejumlah bisnis yang bisa jadi ladang cuan meski resesi menghantam.

1. Bahan Pokok

Sembako merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh masyarakat. Karenanya, meski dalam kondisi ekonomi yang sulit, masyarakat akan tetap akan mencari bahan-bahan makanan pokok untuk bertahan hidup.

Anda bisa memanfaatkan ide bisnis ini untuk meraih keuntungan yang menjanjikan. Bisnis ini juga bisa dilakukan dengan modal yang relatif kecil namun memiliki potensi keuntungan yang besar karena perputaran arus kasnya yang cukup cepat. 

2. Makanan dan Minuman

Bisnis ini juga bisa menjadi ide yang baik saat resesi melanda. Meski daya beli berkurang, kebutuhan akan makanan dan minuman pastilah ada.

Bisnis makanan dan minuman ini juga terbukti bertahan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Karenanya, Anda dapat memanfaatkan ide bisnis yang satu ini sebagai alternatif bisnis Anda dalam menghadapi resesi.

3. Jasa Freelance

Menawarkan jasa pada portal pekerja lepas juga bisa jadi bisnis menjanjikan saat resesi.

Pasalnya,  masa resesi ekonomi, sebagian besar perusahaan cenderung memilih jalan untuk melakukan perampingan anggaran dan menekan pengeluaran. Tak heran, ancaman PHK pun turut menjadi hal yang paling dikhawatirkan dengan adanya resesi.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak pekerjaan lepas secara online yang bisa Anda lakukan untuk tetap mendapatkan penghasilan. Selain itu, pekerja lepas  juga membuka kesempatan bagi Anda untuk terus mengembangkan keterampilan dan perluasan jaringan serta relasi Anda.

4. Logam Mulia

Saat resesi terjadi, harga dari logam mulia seperti emas biasanya akan cenderung lebih stabil. Oleh karena itu, ketika isu resesi global mencuat permintaan akan emas pun cukup tinggi. 

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa mencoba membuka melakukan jual beli emas. Harga emas yang cukup stabil dan cenderung naik dalam jangka waktu tertentu serta tidak terpengaruh krisis ekonomi membuat ide bisnis emas ini sangat menjanjikan. 

5. Layanan Kesehatan

Bisnis layanan kesehatan dan perlengkapannya juga bisa bertahan meskipun kondisi ekonomi suatu negara sulit. 

Hal ini terbukti saat  pandemi COVID-19, permintaan pasar akan berbagai produk kesehatan meningkat pesat. Anda bisa mencoba bisnis di bidang ini baik dengan menyediakan layanan kesehatan maupun produk kesehatan. 

Anda  bisa memulai bisnis kesehatan dengan bisnis skala kecil dengan menyediakan produk seperti masker, pembersih tangan, vitamin, dan lain sebagainya.