<p>Warga menunjukan uang pecahan yang telah di tukarkan di Lapangan IRTI Monas, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Antiboncos, Ini Momen Tepat Ajukan Pinjaman Modal Usaha

  • JAKARTA- Dalam memulai bisnis, modal menjadi salah satu elemen penting. Maka tak heran saat hendak memulai usaha, sejumlah calon pelaku bisnis mengerahkan segal
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Dalam memulai bisnis, modal menjadi salah satu elemen penting. Maka tak heran saat hendak memulai usaha, sejumlah calon pelaku bisnis mengerahkan segala cara demi tercukupinya modal usaha.

Tak harus dari kantong pribadi, modal bisa datang dari mana saja. Entah keluarga, investor, sponsor, bahkan pinjaman dari lembaga keuangan.

Bagi Anda yang tak ingin merepotkan orang terdekat, mengajukan pinjaman modal dari lembaga keuangan merupakan salah satu hal yang dirasa paling tepat. Namun perlu diperhatikan, untuk meminjam modal, calon pebisnis harus menentukan waktu yang tepat.

Untuk itu, Anda juga wajib memetakan kebutuhan finansial yang diperlukan untuk keberlangsungan bisnis yang akan atau telah Anda jalankan. Pertimbangannya, jika hal tersebut tak dilakukan, maka bisa jadi proses pembayaran cicilan pinjaman tak akan lancar.

Lantas, kapankah waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan pengajuan modal usaha di lembaga keuangan? berikut ulasannya.

1. Saat Memulai Usaha

Sejumlah pelaku usaha memiliki ide bisnis yang pasti laris. Sayangnya, mereka kekuarangan modal untuk memulai bisnis mereka. Saat hal tersebut terjadi, Anda dapat menutup kekurangan dengan melakukan pinjaman.

Meskipun begitu, tetap bijak saat meminjam modal. Sesuaikan jumlah cicilan, tenor, dan kebutuhan dengan kemampuan untuk membayar sehingga proses pengangsuran tidak memiliki masalah.

2. Saat Usaha Semakin Berkembang

Saat usaha semakin berkembang, Anda dapat mengajukan pinjaman untuk semakin melebarkan sayap bisnis Anda.

Terkadang, meski usaha Anda memiliki keuntungan yang cukup, namun itu tak cukup untuk membuka cabang baru. Padahal prospeknya terbuka sangat lebar.

Guna mengatasi hal ini, melakukan pinjaman usaha adalah hal yang paling memungkinkan. Terlebih, jika kita sudah memiliki rincian pasti kebutuhan untuk mengembangkan bisnis, tentu pengelolaan pinjaman akan lebih mudah.

3. Saat Bisnis Dalam Keadaan Genting

Dalam kondisi darurat atau gawat seperti pandemi atau kehilangan modal karena ditipu, meminjam modal usaha adalah opsi yang bisa dilakukan demi mencegah bisnis gulung tikar. Jika sudah disetujui, kelolalah dana tersebut dengan bijak.

Tak lupa, Anda juga harus melakukan inovasi agar bisnis terus berkembang. Hal ini bermanfaat agar bisnis dapat segera pulih seperti sedia kala.