Antisipasi Cuaca Ekstrem, Ini Upaya Pemkot Bandung Jaga Pasokan Bahan Pokok
Nasional & Dunia

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Ini Upaya Pemkot Bandung Jaga Pasokan Bahan Pokok

  • Saat ini meski cuaca ekstrem seperti El Nino melanda sejumlah wilayah di Indonesia, pasokan bahan pokok di Kota Bandung dipastikan masih aman. Sebagai antisipasinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berkomunikasi dengan penyuplai agar pasokan ke Kota Bandung tetap lancar.

Nasional & Dunia

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Saat ini meski cuaca ekstrem seperti El Nino melanda sejumlah wilayah di Indonesia, pasokan bahan pokok di Kota Bandung dipastikan masih aman. Sebagai antisipasinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berkomunikasi dengan penyuplai agar pasokan ke Kota Bandung tetap lancar.

Perlu diketahui, El Nino adalah sebuah fenomena cuaca yang terjadi akibat peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik Tengah dan Timur yang menjadi lebih hangat daripada biasanya. Fenomena alami ini menyebabkan perubahan pola cuaca global yang dapat berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah di dunia.

"Kita tingkatkan komunikasi, jangan sampai distribusi barang terganggu. Karena kalau terganggu, barang langka biasanya kenaikan harga. Itu jangan sampai terjadi," ujar Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna seperti yang dikutip TrenAsia.com pada Rabu, 9 Agustus 2023.

Ema juga mengungkapkan bahwa berdasarkan data BPS, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Bandung tahun 2022 mencapai 5,41 persen. Hal tersebut dapat menunjukan stabilitas pertumbuhan ekonomi Kota Bandung. Jika dibandingkan dengan tahun 2021 sebesar 3,76 persen maka pertumbuhan ekonomi tahun 2022 sebesar tumbuh positif 1,65 persen.

Upaya lain yang dilakukan oleh Pemkot Bandung adalah dengan menggandeng pemangku kepentingan yang lain untuk rutin memantau pasar, mulai dari harga, stok, hingga distribusi bahan pokok. Pemantauan ini dilaksanakan di pasar tradisional dan di tempat kegiatan ekonomi. Hal yang penting adalah barang atau bahan pokok ada, distribusi terjaga, dan harganya tidak melonjak luar biasa. Hal ini harus dilakukan agar kegiatan ekonomi di Kota Bandung tetap terkendali.

Sementara itu, Kepala Bidang Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa memastikan terus memantau harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok baik di pasar rakyat maupun di toko ritel modern. Menurut Meiwan Kartiwa, sampai saat ini harga barang kebutuhan pokok masih relatif stabil dan ketersediaannya aman. 

Berikut harga sejumlah komoditas (per kilogram) di Kota Bandung per Selasa 8 Agustus 2023:

Meiwan juga menjelaskan dan mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir bahkan jangan sampai terjadi panic buying untuk membeli bahan pokok karena sampai sekarang bahan pokok masih tersedia.