KRL Commuter Line tujuan Bogor dan Jakarta Kota saat berhenti di Stasiun Manggarai, Sabtu 28 Oktober 2023. (Foto: Khafidz Abdulah/Trenasia)
Transportasi dan Logistik

Antisipasi Kepadatan Mudik Lebaran, KAI Commuter Tambah Beberapa Layanan

  • Berdasarkan data volume pengguna Commuter Line pada bulan Maret 2024, wilayah Jabodetabek menduduki posisi teratas dengan jumlah pengguna terbanyak, yaitu mencapai 16.892.376 orang. Disusul oleh Surabaya dengan 745.519 orang dan Bandung dengan 809.670 orang.
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - KAI Commuter, operator angkutan kereta komuter di Indonesia, telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk memastikan kelancaran perjalanan pemudik lokal selama musim mudik Lebaran tahun ini. 

Dengan jumlah pengguna Commuter Line yang terus meningkat, persiapan ini menjadi krusial untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pemudik di wilayah operasionalnya.

"Tentunya, KAI Commuter telah melakukan persiapan-persiapan untuk pelayanan kepada pemudik lokal yang menggunakan transportasi commuter line," terang Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, dilansir siaran pers, Jumat, 22 Maret 2024. 

Baca Juga: Jelang Lebaran 2024 Pemudik Kereta Api Diprediksi Tembus 3,2 Juta Orang

Penambahan Beberapa Layanan

Berikut adalah beberapa langkah yang telah disiapkan oleh KAI Commuter untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran 2024,

Pengguna Commuter Line dapat memanfaatkan pembayaran dengan Kartu Multi Trip (KMT) dan aplikasi Access oleh KAI, mempermudah transaksi dan akses ke stasiun transportasi dengan transportasi lanjutan.

Penambahan petugas layanan dan pengamanan di stasiun-stasiun serta peningkatan fasilitas stasiun untuk memberikan kenyamanan ekstra kepada pemudik. 

Di samping itu, tersedia juga layanan tambahan perjalanan KRL di jalur Yogyakarta-Solo sebagai alternatif perjalanan bagi pemudik di wilayah tersebut.

KAI Commuter juga melakukan pengecekan kelayakan kereta secara berkala, menyediakan sarana cadangan dan khusus, serta menambah personel TNI-Polri untuk menjaga keamanan dan mengantisipasi tindak kejahatan.

Untuk merayakan suasana Idul Fitri, KAI Commuter jugamendekorasi 10 stasiun pilihan dengan tema khusus, melakukan renovasi dan penambahan fasilitas musala di beberapa stasiun, serta menyediakan air minum gratis bagi pemudik yang membawa botol atau tumbler sendiri.

Selain itu, KAI Commuter juga menyelenggarakan berbagai kegiatan Ramadhan seperti sosialisasi keselamatan di pintu perlintasan, pembagian takjil kepada pemudik, dan pemberian santunan kepada yang membutuhkan.

Baca Juga: KAI Targetkan Modifikasi 60 Kereta Ekonomi Dengan Generasi Baru

Volume KAI Commuter

Berdasarkan data volume pengguna Commuter Line pada bulan Maret 2024, wilayah Jabodetabek menduduki posisi teratas dengan jumlah pengguna terbanyak, yaitu mencapai 16.892.376 orang. Disusul oleh Surabaya dengan 745.519 orang dan Bandung dengan 809.670 orang.

Wilayah Yogyakarta-Solo dan Merak memiliki volume pengguna yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan wilayah lainnya, yaitu 407.984 orang dan 209.825 orang. Sementara itu, volume pengguna Commuter Line di Basoetta tergolong kecil karena hanya melayani rute Bandara Soekarno-Hatta, dengan jumlah 110.972 orang.

Secara keseluruhan, data ini menunjukkan bahwa Commuter Line masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian di berbagai wilayah.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari KAI Commuter, diharapkan para pemudik dapat melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan nyaman dan aman. Selamat mudik bagi semua pemudik dan semoga perjalanan Anda lancar tanpa hambatan.