Ilustrasi depresi, depression
Gaya Hidup

Apa Beda Depresi pada Anak, Remaja, Dewasa, Wanita dan Pria?

  • Depresi adalah gangguan mood yang diklasifikasikan dalam The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders-V (DSM-V). Depresi adalah gangguan mental yang paling umum terjadi di sekitar kita.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Depresi adalah gangguan mood yang diklasifikasikan dalam The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders-V (DSM-V). Depresi adalah gangguan mental yang paling umum terjadi di sekitar kita.

Depresi selain mengganggu juga menyebabkan beragam efek negatif di kehidupan sesorang. Dilansir dari website askdrnandi, lebih dari 80% orang dewasa dengan depresi melaporkan merasa kesulitan ketika di rumah, di tempat kerja, dan dalam situasi sosial. 

Lalu 30% orang dewasa mengatakan bahwa  kesulitan mereka dalam aktivitas ini berada di tingkat sedang hingga ekstrim. Bagi sebagian orang, depresi bisa menjadi sangat serius sehingga tugas yang mudah atau sekadar bangun dari tempat tidur bisa menjadi tugas yang sulit atau mustahil untuk dilakukan.

Gejala depresi walau sebagian besar sama, dapat pula berbeda jika terjadi pada usia anak, remaja, dewasa, hingga wanita dan pria. Berikut perbedaannya:

Anak-anak
Anak-anak mungkin menunjukkan gejala depresi dengan terlalu bergantung pada orang tua mereka seperti berpura-pura sakit, ingin bolos sekolah, dan khawatir orang tua mereka akan meninggal.

Remaja 
Anak dengan usia remaja yang menderita depresi lebih cenderung mudah tersinggung, marah, tidak mampu mengontrol emosi, menjadi bermasalah dengan tugas sekolah, hingga mendapat masalah di sekolah. 

Mereka lebih cenderung menunjukkan gejala kecemasan, gangguan makan, dan melakukan kenakalan remaja lain seperi merokok, minuman keras, hingga penyalahgunaan obat-obatan.

Orang dewasa
Orang dewasa kemungkinan besar mengabaikan gejala-gejala depresi. Walaupun sebenarnya jika ditilik lebih lanjut mereka tetap memiliki tanda-tanda meskipun kurang jelas, mereka biasanya merasa sedih, duka, atau kehilangan. 

Namun kurangnya edukasi tentang kesehatan mental membuat depresi mereka lebih cenderung dikaitkan dengan kondisi medis, seperti penyakit jantung.

Wanita
Wanita memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Faktor biologis, hormonal, dan siklus hidup lebih mungkin memengaruhi pengalaman mereka. Wanita lebih cenderung mengalami perasaan sedih, ketidakberdayaan, dan rasa bersalah.

Pria
Pria dengan depresi lebih suka merasa lelah, mudah tersinggung, dan marah. Mereka lebih cenderung mengalami kesulitan tidur dan kehilangan minat pada aktivitas yang sebelumnya mereka nikmati. 

Seperi melakukan hobi dan berkumpul bersama teman. Mereka lebih cenderung beralih ke obat-obatan atau alkohol dan cenderung tidak mencari pengobatan.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai perbedaan gejala depresi pada usia anak, remaja, dewasa, hingga wanita dan pria. Semoga bermanfaat!