<p>Cara menghilangkan kecemasan saat rapat online ketika WFH/freepik.com</p>
Sains

Apa itu Anxiety? Ini 7 Cara Mengatasi Kecemasan Mendadak

  • Penyebab utama seseorang mengalami Anxiety sangat bervariasi dan kompleks, salah satunya dapat dipengaruhi oleh lingkungan.
Sains
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Anxiety adalah perasaan cemas, khawatir, atau ketakutan yang berlebihan terhadap situasi atau peristiwa tertentu. Ini adalah respons alami tubuh terhadap stres, tetapi jika terjadi secara berlebihan atau terus-menerus, dapat menjadi gangguan kecemasan yang memerlukan perhatian dan penanganan khusus.

Adapun penyebab utama Anxiety sangat bervariasi dan kompleks. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kecemasan melibatkan kombinasi genetika, perubahan kimia dalam otak, pengalaman hidup, dan lingkungan. Stresor seperti tekanan pekerjaan, masalah keuangan, atau perubahan hidup besar juga dapat memicu kecemasan.

Selain itu, riwayat keluarga dengan gangguan Anxiety atau kondisi mental lainnya juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kecemasan. Perlu diingat bahwa setiap individu dapat memiliki penyebab yang berbeda-beda, dan seringkali, kecemasan disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor.

Selain penyebab yang bervariasi, gejala Anxiety tak ubahnya bervariatif pula seperti melibatkan perubahan pada tingkat emosi, fisik, dan perilaku. Berikut adalah 7 cara yang dapat membantu mengelola gejala kecemasan:

1. Konseling dan Terapi

Terapi kognitif perilaku (CBT) dan terapi bicara dapat membantu Anda memahami dan mengatasi pola pikir yang menyebabkan kecemasan. Terapis dapat memberikan dukungan dan strategi untuk mengatasi tantangan emosional.

2. Relaksasi dan Meditasi

Praktik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga dapat membantu menurunkan tingkat stres. Ini dapat membantu mengendalikan reaksi fisik terhadap kecemasan dan meningkatkan kesadaran diri.

3. Aktivitas Fisik

Olahraga teratur dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan dengan merangsang produksi endorfin, yang merupakan zat kimia otak yang meningkatkan suasana hati. Coba pilih aktivitas yang Anda nikmati, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang.

4. Manajemen Stres

Identifikasi dan kelola sumber stres dalam hidup Anda. Pencatatan harian atau jurnal dapat membantu Anda memahami pola stres dan menemukan cara mengatasinya. Mempraktikkan teknik manajemen stres seperti penjadwalan waktu istirahat dan merencanakan aktivitas santai juga dapat membantu.

5. Gaya Hidup Sehat

Pola makan yang seimbang, cukup tidur, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat memiliki dampak positif pada kesejahteraan mental. Hindari konsumsi kafein berlebihan atau alkohol, karena ini dapat mempengaruhi tingkat kecemasan.

6. Terapi Obat

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan obat-obatan untuk mengelola gejala kecemasan. Ini mungkin termasuk obat antidepresan, antiansietas, atau obat penenang. Penting untuk mengikuti petunjuk dokter dan memberi tahu mereka tentang efek samping apa pun.

7. Dukungan Sosial

Membangun dan menjaga hubungan sosial yang sehat dapat memberikan dukungan emosional yang penting. Berbicara dengan teman, keluarga, atau anggota komunitas dapat membantu Anda merasa didengar dan didukung.