deep web, dark web, hacker, peretas
Tekno

Apa Itu Dark Web dan Perbedaannya dengan Deep Web? Ini Penjelasannya

  • Inilah penjelasan mengenai apa itu dark web sekaligus perbedaannya dengan deep web.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Baru-baru ini muncul isu kebocoran data internal PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang dilakukan oleh kelompok hacker Lockbit di situs Dark Web. Meski begitu, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyatakan bahwa data dan dana nasabah mereka tetap aman.

Istilah dark web sendiri bukan merupakan hal yang baru dalam dunia internet. Istilah tersebut kini menjadi kerap diperbincangkan usai adanya kasus peretasan data yang terjadi di Indonesia.

Lalu, apa itu dark web dan perbedaannya dengan deep web? Simak penjelasannya berikut ini.

Penjelasan Apa Itu Dark Web

Penjelasan Apa Itu Dark Web

Seperti yang dilansir dari laman Kaspersky, dark web adalah kumpulan situs internet tersembunyi yang hanya dapat diakses oleh web browser khusus.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga aktivitas internet tetap anonim dan pribadi, yang dapat membantu aktivitas legal maupun ilegal. 

Dark web biasanya digunakan untuk menghindari sensor dari pemerintah dan dimanfaatkan untuk aktivitas yang sangat ilegal.

Perbedaan Dark Web dengan Deep Web

Perbedaan Dark Web dengan Deep Web

Istilah deep web dan dark web terkadang digunakan secara bergantian, padahal dua hal tersebut tidak sama. Pengertian dari deep web adalah mengacu pada apapun di internet yang tidak diindeks dan tidak dapat diakses melalui mesin pencari populer seperti Google.

Konten yang ada di deep web mencakup apapun di balik paywall dan memerlukan kredensial untuk bisa masuk. Selain itu, isi deep web mencakup konten yang telah diblokir oleh web crawler agar tidak dapat diindeks oleh pemiliknya.

Contoh isi deep web yaitu rekam medis, konten berbasis biaya, situs web keanggotaan, dan halaman web rahasia perusahaan. 

Sedangkan dark web adalah bagian dari deep web yang sengaja disembunyikan. Untuk mengakses dark web membutuhkan browser khusus, contohnya Tor. 

Seperti yang dilansir dari laman CSO Online, tidak ada yang benar-benar mengetahui ukuran dark web, tapi sebagian besar memperkirakan sekitar 5% dari total internet. Tidak semua isi dark web digunakan untuk tujuan terlarang, meski namanya terdengar tidak menyenangkan.

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu dark web sekaligus perbedaannya dengan deep web.