Festival Lollapalooza 2023
Hiburan

Apa Itu Festival Musik Lollapalooza yang Gandeng Stray Kids Sebagai Headliner

  • Festival ini dimulai pada tahun 1991 oleh Jane Perry Farrell, yang merupakan pemimpin band Jane's Addiction, sebagai bagian dari tur perpisahan bandnya.
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Grup musik K-pop, Stray Kids dikabarkan akan menjadi bintang utama atau headliner untuk Lollapalooza di Chicago. Lollapalooza adalah salah satu festival musik terbesar di Amerika Serikat. Festival ini akan digelar bulan depan. 

Kabar hadirnya Stay Kids sebagai bintang utama ini diumumkan oleh penyelenggara di situs web resmi festival pada hari Selasa, 19 Maret 2024 waktu Amerika Serikat. Festival tahun ini akan berlangsung di Grant Park di pusat kota Chicago, Illinois, dari tanggal 1 hingga 4 Agustus.

Untuk diketahui, bulan lalu, Stray Kids juga tampil sebagai bintang utama di Lollapalooza Paris, menjadi penampil K-pop pertama di sana.

Selain Stray Kids, ada juga artis lain yang akan tampil di Lollapalooza Chicago 2024, seperti rapper-produser Amerika Tyler, the Creator, dan band pop punk blink-182. Grup musik K-pop Ive dan VCHA juga akan menyapa penggemar dengan penampilan mereka.

Saat ini, grup-grup idol asal Korea Selatan memang tengah mencapai puncak pamornya dengan diundang sebagai bintang utama dalam festival musik kelas dunia. Baru-baru ini idol group yang tengah naik daun, Seventeen juga akan menjadi headliner Lollapalooza Berlin pada September 2024. 

Hal ini sebagaimana dikabarkan oleh agensi grup tersebut, Pledis Entertainment.  

Pada festival Lollapalooza Chicago tahun lalu, grup musik Korea Tomorrow X Together menjadi bintang utama, sementara grup musik NewJeans dari Korea Selatan juga ikut tampil.

Festival Lollapalooza 

Lollapalooza adalah festival tahunan yang menampilkan musisi beraliran rock-alternative, heavy-metal, punk-rock, hip-hop dan EDM, serta pertunjukan tari, komedi dan stand pameran yang diselenggarakan di berbagai kota di Eropa dan Amerika. 

Ajang ini semula diadakan sebagai konser perpisahan vokalis sebuah band pada tahun 1991 di Amerika Serikat namun berlanjut hingga ke berbagai negara termasuk Jerman, Brazil, Chile, Kolombia dan Argentina

Sejarah Festival Lollapalooza

Dikutip TrenAsia.com dari laman Britannica pada Rabu, 20 Maret 2024, festival ini dimulai pada tahun 1991 oleh Jane Perry Farrell, yang merupakan pemimpin band Jane's Addiction, sebagai bagian dari tur perpisahan bandnya. 

Farrell mengatakan bahwa dia memilih nama festival tersebut, "Lollapalooza," setelah mendengar kata itu di film Three Stooges. Tur pertamanya menampilkan banyak aksi, termasuk Rollins Band, Nine Inch Nails, dan Ice-T. Tur tersebut sukses secara finansial, jadi tur serupa diadakan pada tahun 1992 dengan tahap tambahan.

Meskipun awalnya sukses, tur tersebut mulai mengalami kesulitan keuangan dan akhirnya dibatalkan pada tahun 1998. Namun, Lollapalooza kembali pada tahun 2003 sebagai festival di Chicago, yang sukses secara finansial setelah mengubah modelnya. 

Festival ini tumbuh menjadi acara tahunan, dengan tambahan hari ketiga pada tahun 2006 dan hari keempat pada tahun 2016.

Diadakan setiap bulan Agustus di Grant Park, Lollapalooza menarik sekitar 200.000 pengunjung, termasuk keluarga. 

Ada juga area khusus untuk anak-anak, disebut Kidzapalooza, yang menampilkan konser, lokakarya musik, dan pameran seni interaktif. Bagi orang dewasa, terdapat panggung sampingan untuk artis pendatang baru dan tenda dansa untuk musik elektronik.

Pada tahun 2011, Lollapalooza berkembang ke Amerika Selatan dengan festival di Santiago, Chili, dan kemudian memperluas festivalnya ke lima negara tambahan.