Dunia

Apa Itu Pemilihan Paruh Waktu dan Apa Implikasinya Bagi Pemerintah AS Sekarang?

  • Pemilihan paruh waktu Ameriyang sedang berlangsung saat ini adalah salah satu keunikan demokrasi yang ada di negara Paman Sam.
Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

WASHINGTON-Pemilihan paruh waktu Ameriyang sedang berlangsung saat ini adalah salah satu keunikan demokrasi yang ada di negara Paman Sam. Pemilihan dilakukan di tengah masa empat tahun kekuasaan presiden untuk mengatur ulang keseimbangan kekuasaan di dua kamar legislative yakni Kongres dan Senat.

Ada 435 kursi yang diperebutkan di Kongres. Sementara di Senat ada 35 kursi. Selain itu juga ada 36 kursi gubernur yang akan diambil dan kandidat yang terpilih untuk posisi ini.

Siapa pun yang mengendalikan Kongres dan Senat sangat mempengarui agenda pemerintahan Presiden Joe Biden yang berasal dari Partai Demokrat. Dan jika Partai Republik memenangkan salah satu kamar, mereka dapat mengubah Biden menjadi presiden "bebek lumpuh" dengan kemacetan legislatif.

Posisi Demokrat tidak aman dengan sejumlah survei menunjukkan banyak kekecewaan di kalangan pemilih. Jajak pendapat juga menggambarkan Partai Republik akan bisa membalikkan situasi di parlemen yang saat ini dikuasai oleh Demokrat.

Bagaimana implikasi baik di tingkat domestik dan internasional jika ada perubahan di komposisi legislatif. Dikutip dari Sky News setidaknya ada tiga skenario yang mungkin bisa terjadi.

Skenario 1: Demokrat tetap menguasai Senat tetapi Republik mengambil Kongres

Kemungkinan ini disebut tinggi.  Implikasi domestic jika hal tersebut terjadi adalah Biden dan partainya akan menghadapi serangkaian investigasi yang didorong oleh Kongres. 

Segala sesuatu mulai dari penarikan dari Afghanistan, penyelidikan FBI terhadap Trump hingga kebijakan perbatasan selatan dan kebijakan COVID Biden dapat menghadapi pertanyaan Kongres.  Putra Presiden Biden, Hunter, juga dapat menghadapi penyelidikan atas dugaan penipuan pajak. 

Ada kemungkinan bahwa Partai Republik dapat mencoba untuk memakzulkan Presiden Biden. Beberapa orang percaya bahwa kebijakan perbatasan liberalnya merupakan "kejahatan tinggi dan pelanggaran ringan" yang akan membuatnya memenuhi syarat untuk dimakzulkan.

Sedangkan implikasi internasional meskipun saat ini bipartisanship yang jarang terjadi cukup kuat dalam kasus Ukraina, ada kegelisahan yang berkembang di kalangan populis kanan tentang biaya membantu Ukraina.

Partai Republik modern berbeda dengan masa Reagan atau dinasti Bush. Jadi, ada kemungkinan upaya untuk mengendalikan pengeluaran dan kurang dukungan untuk Ukraina.

Sementara dalam agenda iklim, Kongres yang dikendalikan Partai Republik akan membuat agenda hijau jauh lebih rumit. Ini karena Partai Republik mewakili konstituen pro-batubara dan minyak.

Skenario 2: Republik mengambil Kongres dan dan Senat

Kemungkinannya sedang hingga tinggi. Implikasi domestiknya Biden akan menjadi presiden bebek lumpuh. Agendanya akan diblokir di setiap kesempatan . Bahkan pada masalah di mana ada kerja sama bipartisan dalam dua tahun pertama Biden seperti kontrol senjata dan infrastruktur.

Larangan aborsi nasional selama 15 minggu akan dibawa ke pemungutan suara oleh hak Partai Republik. Demokrat akan dapat memperpanjang perdebatan tentang masalah ini.

Sedngkan implikasi internasionalnya antara lain dukungan Amerika yang berkelanjutan untuk Ukraina. Sinyal yang dikirim tentang prioritas Amerika dapat memiliki implikasi geopolitik yang mendalam.

Tentang perubahan iklim, Amerika pada dasarnya dapat dihapus dari agenda hijau progresif apa pun yang akan berdampak besar pada tujuan iklim global.

Skenario 3: Demokrat tetap menguasai Senat dan Kongres

Kemungkinannya disebut rendah. Jika situasi ini terjadi maka secara domestic agenda liberal Joe Biden akan bergerak maju. Sejauh mana kebijakan dapat direalisasikan tergantung pada kekuatan mayoritas Senat Demokrat. 

Kebijakan utama tentang isu-isu seperti perubahan iklim akan dihidupkan kembali.  Sejumlah isu-isu kunci seperti hak aborsi dapat dikodifikasikan ke dalam undang-undang. 

Sementara implikasi internasional, di luar janji perubahan iklim, dukungan terhadap Ukraina hampir pasti akan terus bekerja dengan baik. Pada dasarnya skenario ini tidak akan mengubah banyak situasi saat ini.