Ilustrasi kapal dalam program tol laut.
Nasional

Apa Kabar Tol Laut?

  • Tol Laut menjadi sarana yang penting dalam mendistribusikan kebutuhan dasar seperti bahan bangunan (seperti semen dan baja ringan) dan sembako ke daerah-daerah sulit terjangkau.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah memperkuat upaya pembangunan Indonesia melalui Program Tol Laut, dengan fokus pada pengiriman logistik ke berbagai pelosok negeri. 

Diharapkan tol laut dapat menunjang perkembangan ekonomi Indonesia dan menjadi bagian integral dalam upaya membangun infrastruktur yang kuat, yang diakui memiliki peran kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi serta menjaga stabilitas negara.

Tol Laut menjadi sarana yang penting dalam mendistribusikan kebutuhan dasar seperti bahan bangunan (seperti semen dan baja ringan) dan sembako ke daerah-daerah sulit terjangkau. Sebagai contoh, dalam peringatan Hari Bangunan Nasional, sekitar 7.800 ton semen dikirim bersama PT Djakarta Lloyd (Persero) ke berbagai pulau terpencil di Indonesia.

Dilansir antara, Kamis,16 November 2023, program ini bukan sekadar mengirimkan barang, tetapi juga menjadi strategi penting dalam menstabilkan distribusi logistik di wilayah pelosok dan terpencil. Diharapkan, langkah ini bisa mengurangi kesenjangan harga barang antar wilayah di Indonesia serta memberikan akses yang lebih baik bagi masyarakat di daerah terpencil untuk mendapatkan material bangunan yang sangat dibutuhkan.

Sejak peluncurannya pada tahun 2015, terjadi peningkatan yang mencolok dalam layanan Tol Laut hingga Agustus 2023. Jumlah trayek yang dioperasikan meningkat drastis dari 3 menjadi 39, dengan 38 kapal yang kini melayani 115 pelabuhan. 

Perkembangan signifikan ini menunjukkan kemajuan pesat dalam infrastruktur distribusi Tol Laut sejak awal peluncurannya, mencerminkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antar wilayah di Indonesia.

Keberhasilan yang dicapai Program Tol Laut menegaskan tekad pemerintah dalam mendukung distribusi logistik ke daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia. Dengan terus ditingkatkannya layanan Tol Laut yang mengalami perkembangan pesat, diharapkan dapat terwujudnya pembangunan yang merata, yang akan berkontribusi pada penguatan ekonomi lokal serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah-wilayah terpencil. 

Melalui upaya ini, diharapkan akses masyarakat terhadap bahan-bahan penting dan infrastruktur yang lebih baik dapat mengangkat potensi ekonomi lokal, serta menciptakan peluang yang lebih besar, dan membuka jalan bagi pertumbuhan yang inklusif di berbagai wilayah terpencil di Indonesia.