indiana jones.jpg
Sains

Apa Pendapat Para Arkeolog Tentang Film Indiana Jones?

  • Sejak Indiana Jones menggesek patung emas dan dikejar oleh batu besar di "Raiders of the Lost Ark" lebih dari 40 tahun yang lalu, petualang legendaris telah menjadi penangkal petir bagi para arkeolog di seluruh dunia.
Sains
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA- Sejak Indiana Jones menggesek patung emas dan dikejar oleh batu besar di "Raiders of the Lost Ark" lebih dari 40 tahun yang lalu, petualang legendaris telah menjadi penangkal petir bagi para arkeolog di seluruh dunia. 

Di satu sisi, Indiana (sering dipanggil Indy) yang diperankan oleh Harrison Ford telah menarik penonton ke dalam dunia arkeologi yang menakjubkan. Du sisi lain, metodenya mengerikan dan benar-benar menyesatkan di lapangan.

Dengan film kelima (dan mungkin terakhir), "Indiana Jones and the Dial of Destiny,"  tayang perdana  Jumat  30 Juni 2023, apa pendapat arkeolog kehidupan nyata tentang warisan arkeolog fiksi?

Beberapa arkeolog dengan cepat mengatakan bahwa mereka menemukan Indy mengerikan. "[Apa] yang dia lakukan bukanlah arkeologi - itu penjarahan - dan jika orang tertarik pada arkeologi karena mereka ingin melakukan itu, mereka akan kecewa," kata Anne Pyburn, seorang profesor antropologi di Indiana University Bloomington dikutip Live Science  Jumat 30 Juni 2023.

Dalam "Raiders of the Lost Ark", Indiana mencegah Nazi memperoleh Kitab Tabut, tetapi serial tersebut meninggalkan musuh Perang Dunia II di belakang dalam "Indiana Jones and the Temple of Doom", dengan Indiana melakukan perjalanan ke India memulihkan batu mitos. Sebuah perjalanan yang membawanya dekat dengan sekte yang mempraktikkan ilmu hitam dan pengorbanan manusia.

Metode Indiana Jones - yang sering kali melibatkan penggunaan bullwhip dan pistol - jelas tidak sesuai dengan buku, “Tetapi masalah yang lebih serius adalah bahwa dia adalah orang kulit putih yang mengeksotiskan, menganiaya, dan menggurui orang lokal dan pribumi serta mencuri warisan budaya mereka," kata Piburn melalui email ke Live Science.

Pyburn bukan satu-satunya arkeolog yang mengkritik penggambaran tersebut. "Saya menemukan bahwa Indiana Jones telah membuat banyak orang berpikir bahwa arkeologi hanyalah perburuan harta karun yang berpusat pada objek dan tidak merekonstruksi cara hidup manusia di masa lalu," kata Laurie Miroff, Direktur Ffasilitas Arkeologi Publik di Universitas Binghamton, Universitas Negeri New York, kepada Live Sains. 

"Salah satu hal pertama yang saya tekankan ketika berbicara tentang disiplin dengan non-arkeolog adalah bahwa artefak adalah alat untuk mencapai akhir, bukan akhir."

Akibatnya, "jika motivasi Indiana  adalah 'keberuntungan dan kejayaan', motivasi kami adalah mempelajari budaya masa lalu," kata Miroff.

Namun, beberapa sarjana mencatat sisi baiknya. Pertama, film-film "Indiana Jones" telah membawa banyak perhatian ke lapangan. Ini  pada gilirannya, mendorong orang untuk mempelajari tentang apa sebenarnya arkeologi itu.

"Dalam budaya populer, arkeologi hampir identik dengan Indiana Jones dan [merupakan]  merek terkuatnya," Cornelius Holtorf, seorang profesor ilmu budaya di Universitas Linnaeus di Swedia.  "Selama bertahun-tahun, karakter Indiana Jones [telah] memotivasi banyak anak muda untuk belajar arkeologi."

Mendorong Minat

Meskipun film tidak mendorong setiap penggemar untuk menjadi seorang arkeolog, " Indy juga membuat banyak warga tertarik pada arkeologi dan mungkin mengarahkan mereka untuk mengunjungi situs dan museum arkeologi atau menonton film dokumenter TV tentang arkeologi," tambah Holtorf.

Tetapi membahas Indy selalu disertai dengan peringatan. Saat berbicara dengan mahasiswa baru atau anggota masyarakat umum, "Saya mencoba menekankan bahwa apa yang digambarkan dalam film bukanlah arkeologi yang sebenarnya," kata Aren Maeir, seorang profesor arkeologi di Universitas Bar-Ilan di Israel, kepada Live Science dalam sebuah surel. Meski begitu, "Saya juga menekankan betapa pentingnya serial film itu dan untuk menciptakan minat dan daya tarik publik yang kuat pada arkeologi," tambahnya.

Dengan "Dial of Destiny" yang kemungkinan besar adalah film "Indiana Jones" terakhir Ford, apa yang ingin dilihat para arkeolog dalam film tersebut?  Dan hal apa yang mereka ingin Indiana Jones katakan atau lakukan dalam petualangan terakhirnya?

"Saya ingin menggambarkan metode arkeologi dengan lebih akurat, meskipun hanya sekilas," kata Miroff. Dia  menambahkan  film tersebut dapat menunjukkan Indiana Jones atau arkeolog lain mencatat, memotret, atau merekam pengukuran.

Louise Hitchcock, seorang profesor arkeologi di University of Melbourne di Australia mengatakan dia akan  senang melihat Indy atau orang lain dalam film tersebut mengomentari masalah yang diangkat dalam film-film sebelumnya. Beberapa di antaranya tentang praktik penggalian yang buruk, seksisme, dan kolonialisme.

"Mungkin dia bisa berbicara dengan orang-orang dari komunitas tempat dia berada, menunjukkan naskah penelitiannya yang sedang berjalan," tambah Miroff. "Bahkan jika pada titik tertentu dia mengatakan bahwa apa yang dia lakukan bukanlah praktik standar, itu mungkin akan sangat bermanfaat.”