Halo Pendidikan

Apa yang akan Terjadi Jika Bumi Tiba-Tiba Berhenti Berputar?

  •  JAKARTA- Bumi membutuhkan waktu 23 jam dan 56 menit untuk menyelesaikan rotasinya, dengan planet kita yang indah ini bergerak dengan kecepatan sekitar 1.1
Halo Pendidikan
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA- Bumi membutuhkan waktu 23 jam dan 56 menit untuk menyelesaikan rotasinya.  Planet kita yang indah ini bergerak dengan kecepatan sekitar 1.100 mil per jam, atau 460 meter per detik. Tetapi apa yang akan terjadi jika suatu hari tiba-tiba berhenti berputar? 

Bayangkan Anda melaju dengan mobil pada kecepatan hingga 100 mil per jam dan kemudian menabrakkannya ke kendaraan lain tanpa mengenakan sabuk pengaman (tetapi jangan  pernah  melakukan ini).  Itulah sebagian kecil gambaran jika bumi berhenti berputar.

Ahli astrofisika Amerika Neil deGrasse Tyson memperkirakan apa pun yang ada di Bumi akan terbang ke timur dengan kecepatan 1.100 mil per jam. 

Tapi ini baru permulaan. Menurut sebuah "thought experiment" yang dilakukan oleh James Zimbelman, seorang ahli geologi senior emeritus di Smithsonian's National Air and Space Museum di Washington DC, penghentian mendadak juga akan mempengaruhi atmosfer kita, menciptakan angin yang sangat kuat dan kemudian diikuti tsunami besar. 

Perhentian mendadak juga akan meratakan tonjolan di ekuator, yang akan menyebabkan samudra dan laut bermigrasi ke kutub, di mana gravitasi paling kuat. Akibatnya, planet kita akan memiliki dua samudra super.  Satu di Utara dan satu di Selatan dengan benua raksasa di tengahnya.

Sehari penuh akan berlangsung sepanjang tahun dengan penduduk bumi melihat Matahari selama enam bulan berturut-turut dan hidup setengah tahun lagi dalam kegelapan.

Medan magnet akan perlahan-lahan akan memudar dan meninggalkan planet kita tanpa perlindungan dari sinar kosmik yang mematikan, dan radiasi, yang akan membunuh semua kehidupan di planet kita.

Kabar baiknya adalah banyak ilmuwan meragukan skenario seperti itu akan terjadi,  "Tidak ada gaya alam yang akan menghentikan Bumi berputar. Salah satu dasar fisika adalah kekekalan momentum sudut. Begitu sesuatu berputar, Anda harus mengerahkan gaya yang sama [dalam arah yang berlawanan] untuk menghentikannya berputar ,” kata James Zimbelman dikutip Sputnik News Agency 24 Juli 2021