Ponsel, smartphone, whatsapp
Gaya Hidup

Apa yang Harus Dilakukan Saat WhatsApp Dihack? Simak Penjelasannya di Sini

  • Inilah hal-hal yang harus Anda lakukan saat WhatsApp diretas oleh hacker atau peretas.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - WhatsApp telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, seperti agar tetap terhubung dengan keluarga, teman, atau rekan kerja. Akan tetapi, kenyamanan yang Anda peroleh dari platform perpesanan ini juga disertai dengan kerentanan tertentu.

Meskipun akun WhatsApp pengguna cenderung tidak mudah diretas, ada beberapa kesalahan yang bisa menyebabkan akun WhatsApp Anda terjatuh ke tangan yang salah. Oleh karena itu, peting untuk mengetahui langkah-langkah yang harus Anda ambil jika Anda mencurigai akun WhatsApp Anda telah disusupi. Simak penjelasan berikut.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Jika Akun WhatsApp Anda Diretas oleh Hacker

Hal-hal yang harus dilakukan jika akun WhatsApp Anda diretas oleh hacker

Ketika mengetahui bahwa akun WhatsApp Anda telah login di perangkat lain tanpa persetujuan atau sepengetahuan Anda tentu akan terasa mengejutkan. Hal ini mungkin disebabkan oleh suatu modus penipuan seperti penipu yang mengirim spam ke kontak Anda atau peretas yang mendapatkan akses secara tidak valid ke akun Anda. 

Untuk segera memulihkan akun WhatsApp Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Jika Anda mencurigai seseorang telah menggandakan kartu SIM Anda, segera hubungi operator seluler untuk melakukan verifikasi. Jika dikonfirmasi, segera batalkan duplikat kartu SIM dan minta yang baru. Selain itu, segera hubungi WhatsApp Support dengan pesan ‘Stolen/lost phone: Please deactivate my account’ dan sertakan nomor telepon Anda dengan kode panggilan internasional untuk meminta penonaktifan akun.
  2. Beri tahu kontak Anda tentang kondisi atau situasi Anda saat ini. Banyak kontak Anda mungkin akan menggunakan aplikasi perpesanan alternatif, jadi sangat penting untuk memberi tahu mereka melalui teks atau panggilan telepon tentang adanya peretas yang menyusup pada akun WhatsApp Anda. Kontak Anda juga perlu mengetahui bahwa mereka harus berhati-hati dan menghindari mengklik tautan, memasang aplikasi, atau mengirim uang kepada siapapun yang mengaku sebagai Anda.
  3. Daftarkan nomor Anda kembali. Cara paling efektif untuk menghapus penyusup dari WhatsApp Anda adalah dengan mendaftarkan ulang di ponsel Anda. Klik ‘Verify’ dan masukkan kode yang dikirimkan ke ponsel Anda jika SIM Anda masih berfungsi.
  4. Jika Anda menemukan permintaan kode verifikasi yang tidak Anda kenali, hal ini menunjukkan bahwa hacker telah mengaktifkan verifikasi dua langkah. Sebaiknya Anda mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah ini setelah memperoleh kendali kembali atas akun Anda. Biasanya, Anda harus menunggu hingga tujuh hari untuk mengakses akun Anda tanpa kodo, tapi Anda dapat meyakini bahwa proses tersebut akan menghentikan modus yang dilakukan oleh penyusup.
  5. Jika ponsel Anda hilang atau dicuri dan terdapat bukti bahwa ada pihak yang menyusup secara tidak sah ke akun WhatsApp Anda, segera tulis ke WhatsApp Support dengan subjek ‘Stolen/lost phone: Please deactivate my account’. Anda juga perlu menyertakan nomor telepon Anda dengan kode panggilan internasional untuk meminta penonaktifan akun.

Tips Tambahan untuk Melindungi Privasi Anda di WhatsApp

Tips tambahan untuk melindungi privasi Anda di WhatsApp

Selain beberapa cara keamanan di atas, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk melindungi privasi Anda di WhatsApp, seperti berikut ini.

Pertama, berhati-hatilah dengan informasi apapun yang Anda bagikan di WhatsApp.  Hindari membagikan informasi pribadi apapun yang Anda tidak ingin jatuh ke tangan yang salah.

Gunakan pengaturan privasi di WhatsApp untuk mengontrol siapa saja yang dapat melihat gambar profil Anda, status terakhir dilihat, dan informasi lainnya.

Berhati-hatilah dengan siapa saja yang Anda tambahkan ke kontak WhatsApp Anda. Pastikan hanya tambahkan orang ke kontak WhatsApp yang Anda kenal dan percayai.

Itu tadi hal-hal yang harus Anda lakukan saat WhatsApp diretas oleh hacker atau peretas.