Nasional

APD Tenaga Medis di Sleman Tinggal untuk Tiga Hari

  • Sleman – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan saat ini ketersediaan alat pelindung diri (APD) tenaga medis untuk penanganan pasien COVID-19 di sejumlah rumah di wilayah setempat hanya cukup untuk sekitar tiga hari ke depan. Kepala Dinkes Kabupaten Sleman Joko Hastaryo mengatakan Rabu 25 Maret 2020  pihaknya saat ini sedang menyelesaikan rekap […]

Nasional
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Sleman – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan saat ini ketersediaan alat pelindung diri (APD) tenaga medis untuk penanganan pasien COVID-19 di sejumlah rumah di wilayah setempat hanya cukup untuk sekitar tiga hari ke depan.

Kepala Dinkes Kabupaten Sleman Joko Hastaryo mengatakan Rabu 25 Maret 2020  pihaknya saat ini sedang menyelesaikan rekap kebutuhan APD semua RS untuk 10 hari ke depan, sambil memesan ke produsen APD sejumlah 1.000 paket.

“Masing-masing RS terus berupaya memperoleh APD melalui chanel masing-masing, termasuk ada yang dengan open donation untuk bantuan APD,” katanya.

Ia mengatakan, ketersediaan APD tenaga medis di masing-masing RS variatif, tetapi rata-rata tidak sampai tiga hari kalau ‘trend epidemiologinya’ masih seperti saat ini.

“Kami terus berupaya untuk memenuhi APD di RS. Karena status Kabupaten Sleman belum tanggap darurat, maka anggaran yang digunakan hanya bisa dengan menggeser-menggeser anggaran di Dinkes dan beberapa OPD lainnya yang difasilitasi BKAD dan Bappeda,” katanya.

Joko mengatakan, dari DPA Dinkes Sleman sendiri bisa menggeser anggaran dari kegiatan lain untuk penanganan Covid-19 senilai Rp2,7 miliar. “Sedangkan untuk OPD lain, kami belum ada data,” katanya.