Ilustrasi PT Mandiri Sekuritas.
Industri

Aplikasi MOST Masih Gangguan Sistem, Begini Penjelasan Mandiri Sekuritas

  • Informasi mengenai gangguan di aplikasi milik anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) tersebut mencuat melalui Twitter pada hari Senin lalu.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Aplikasi MOST milik PT Mandiri Sekuritas mengalami gangguan sejak Senin, 13 Maret 2023.

Informasi mengenai gangguan di aplikasi milik anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) tersebut mencuat melalui Twitter pada Senin lalu.

Beberapa akun di Twitter mengeluhkan soal aplikasi MOST yang mengalami gangguan, seperti penarikan uang yang tidak bisa dilakukan sementara pasar global sedang mengalami gonjang-ganjing, ada yang tidak bisa memasuki aplikasi, dan sebagainya.

Akun-akun tersebut mengeluhkan perihal gangguan yang terjadi pada jam bursa sehingga mereka tidak bisa melakukan cutloss dalam perdagangan harian.

Di hari yang sama, melalui akun Twitter @Mandiri_OLT, Mandiri Sekuritas menjelaskan bahwa aplikasi dan website MOST sedang mengalami kendala dan sedang dalam perbaikan.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan terima kasih atas perhatian dan kerja samanya," tulis akun @Mandiri_OLT pada hari Senin, 13 Maret 2023.

Kemudian, masih di hari yang sama juga, Mandiri Sekuritas mengunggah cuitan lagi yang menyatakan bahwa kendala pada aplikasi dan website MOST telah selesai diperbaiki terbatas dan nasabah dapat melakukan login kembali.

Di sisi lain, menurut sumber terpercaya TrenAsia, gangguan pada sistem layanan Mandiri Sekuritas yang terjadi sejak Senin lalu masih berlangsung.

Bahkan, di sistem internal perusahaan, semua e-mail tidak bisa diakses dan tidak ada internet di kantor. Sehingga sebagian besar karyawan pun bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

"Jadi karyawan sebagian besar WFH karena tidak ada koneksi Internet di kantor dan tidak bisa akses e-mail," ujar sumber tersebut kepada TrenAsia, Kamis, 16 Maret 2023.

Menanggapi gangguan pada aplikasi MOST, VP Corporate Secretary and Communication Mandiri Sekuritas Nadya Siregar pun memberikan penjelasan.

Disampaikan oleh Nadya, kendala pada aplikasi dan website telah selesai diperbaiki terbatas dan nasabah tidak hanya bisa login saja, tapi juga bisa melakukan transaksi saham. Akan tetapi, proses perbaikan untuk transaksi lain masih berlangsung.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan akan segera menginformasikan perkembangan perbaikan selanjutnya," kata Nadya kepada TrenAsia, Kamis, 16 Maret 2023. 

Sementara, perihal gangguan di sistem internal, Nadya menepisnya. Menurut dia, di Mandiri Sekuritas, bisnis berjalan seperti biasa. Sebagian kendala teknis yang perlu perbaikan masih dijalankan, dan semua karyawan masuk ke kantor alias work from office (WFO).

“Tidak ada WFH, kecuali memang sudah diijinkan atasan,” ujarnya.

 

*) Artikel ini diperbarui pada Kamis, 16 Maret 2023 pukul 19.40 WIB, terkait tambahan jawaban Mandiri Sekuritas atas gangguan di sistem internal.