Ilustrasi aplikasi myBCA>
Perbankan

Aplikasi myBCA Menjadi Top of Mind bagi Gen Z untuk Layanan Mobile Banking

  • Marketeers Youth Choice Award adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada merek-merek yang digemari oleh generasi muda Indonesia.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA/BBCA) meraih beberapa penghargaan dalam acara Marketeers Youth Choice Award 2024. 

Salah satu prestasi yang diraih adalah aplikasi myBCA, yang memenangkan predikat Gold dalam kategori Aplikasi Mobile Banking.

Marketeers Youth Choice Award adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada merek-merek yang digemari oleh generasi muda Indonesia. 

Berdasarkan informasi dari laman resmi Marketeers, survei ini melibatkan lebih dari 2.000 Gen Z, yang terdiri dari siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), mahasiswa, hingga pekerja fresh graduate

Survei tersebut dilakukan secara online di berbagai daerah seperti Jabodetabek, Serang, Bandung, Malang, Madura, Padang, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Medan, Lampung, dan Sumba.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, menyatakan, pihaknya mempersiapkan aplikasi myBCA untuk menjadi aplikasi pelayanan terintegrasi di masa depan. 

“Sejak diluncurkan pada 2021, kami bersyukur bahwa myBCA kini dapat menjadi top of mind di kalangan Gen Z untuk aplikasi mobile banking. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap nasabah tercinta, dukungan seluruh stakeholders, serta kerja keras insan BCA di penjuru tanah air,” papar Jahja dikutip dari pengumuman yang diterima TrenAsia, Jumat, 24 Mei 2024.

Dengan aplikasi myBCA, nasabah hanya memerlukan satu user ID (BCA ID) untuk mengakses semua informasi rekening di BCA, mulai dari tabungan, deposito, investasi, kartu kredit, kredit konsumer, hingga reward BCA. 

Sepanjang tahun 2023, BCA telah menambahkan berbagai fitur untuk meningkatkan kenyamanan bertransaksi nasabah. 

Inovasi tersebut meliputi kontrol kartu debit dan kredit, login biometrik, kemudahan berinvestasi melalui fitur Welma, pembayaran pajak kendaraan dan listrik, QRIS Customer Presented Mode, hingga Paylater BCA.

Terbaru, aplikasi myBCA telah dilengkapi dengan fitur QRIS Transfer, QRIS cross border, akses instan untuk pembayaran QRIS, mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan BCA, pembayaran tagihan dan pembelian token PLN, serta aktivasi dan pengaturan akun OneKlik.

Baca Juga: Likuiditas Ketat, NIM Bank KBMI 4 Tertekan oleh Perang Harga

BCA Raih Tiga Penghargaan Lainnya

Selain aplikasi myBCA, produk Tahapan Xpresi BCA juga berhasil meraih predikat Gold dalam kategori Rekening Tabungan. 

Tidak hanya itu, Flazz memperoleh penghargaan dengan predikat Silver dalam kategori E-money. BCA juga terpilih sebagai Dream Workplace oleh Gen Z dengan predikat Silver.

Sebagai informasi, Tahapan Xpresi merupakan pengembangan dari produk Tahapan, yang diprioritaskan untuk kaum muda. Dengan Tahapan Xpresi, nasabah muda BCA dapat memilih lebih dari 50 desain kartu untuk mengekspresikan diri mereka secara unik dan berbeda.

Setoran awal minimum untuk membuka Tahapan Xpresi juga sangat terjangkau, yakni hanya Rp50.000, terdiri dari Rp25.000 sebagai setoran awal dan Rp25.000 sebagai biaya pencetakan kartu. 

Nasabah yang memiliki produk simpanan Tahapan Xpresi juga dapat bergabung dalam forum online Komunitas Tahapan Xpresi di facebook.com/XpresiBCA dan Twitter @XpresiBCA.

Flazz merupakan kartu transaksi multifungsi yang menggunakan teknologi chip RFID (Radio Frequency Identification), memudahkan dan mempercepat proses pembayaran secara non-tunai. Per Maret 2024, lebih dari 26 juta kartu Flazz telah beredar di masyarakat.

Pengguna Flazz kini semakin mudah dan nyaman bertransaksi dengan hadirnya Flazz Gen 2 dengan logo baru yang dilengkapi ikon seperti wifi. Kartu ini dapat diisi ulang melalui myBCA dan BCA mobile kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, BCA juga menerima penghargaan Dream Workplace yang diterimanya. BCA memahami bahwa sumber daya manusia (SDM) berkualitas adalah aset berharga yang harus dijaga kualitasnya. 

Lingkungan kerja yang positif akan memberikan dampak baik bagi kepuasan karyawan. Untuk mencapai tujuan tersebut, BCA memiliki Employer Value Proposition (EVP) yaitu Friendly Environment (lingkungan yang ramah dan kekeluargaan) serta Continuous Improvement (perkembangan terus-menerus).