7 Tips WhatsApp Web yang Perlu Diketahui
Tekno

Aplikasi WAMR Disebut Bisa Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus, Ini Bahaya di Baliknya Penggunaannya

  • Inilah bahaya menggunakan aplikasi WAMR yang disebut bisa mengembalikan chat WhatsApp
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - WhatsApp kini menjadi salah satu aplikasi perpesanan paling populer yang digunakan oleh banyak orang yang memiliki ponsel. 

Hal ini karena WhatsApp memiliki banyak fitur yang menarik, seperti bisa mengirim pesan teks, pesan suara, panggilan telepon dan video, bahkan bisa menghapus pesan atau chat. Meski begitu, fitur yang memudahkan agar chat WhatsApp terhapus ternyata memicu masalah untuk orang-orang tertentu.

Chat WhatsApp yang terhapus bisa menimbulkan rasa penasaran pada lawan chat. Oleh karena itu, banyak yang rela memasang atau install beberapa aplikasi seperti WAMR yang diklaim mampu mengembalikan chat yang sudah terhapus.

WARM bisa digunakan untuk ponsel Android 5 atau di atasnya dan memiliki ukuran 16 MB. Pengembang aplikasi tersebut menjelaskan bahwa WAMR tidak akan mengakses chat WhatsApp pengguna karena pesan Anda sudah dienkripsi. 

Namun, aplikasi ini disebut mampu melacak notifikasi, jadi jika ada chat WhatsApp yang dihapus sebelum pengguna melihatnya, WAMR akan memiliki catatan riwayat notifikasi. WARM juga disebut dapat menyimpan media apapun yang dilampirkan ke pesan, jadi jika lawan chat Anda telah menghapus, Anda akan tetap menerima pemberitahuan.

Menurut sebuah laporan dari pakar keamanan siber International Institute of Cyber Security (IICS) seperti yang dilansir dari laman News18, aplikasi tersebut dianggap berisiko karena memerlukan akses ke beberapa pengaturan. Jika pengguna memberikan akses ke ‘Galeri’, ‘Jaringan’, dan ‘Pemberitahuan’, maka risiko kebocoran data akan meningkat. Laporan tersebut memang mencatat bahwa aplikasi tersebut tidak berbahaya, namun pemberian akses ke ‘Notifikasi’ atau ‘Pemberitahuan’ dapat memberikan data sensitif Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati untuk menggunakan aplikasi tambahan seperti WAMR ini. Hal ini karena aplikasi WAMR dapat mendeteksi pesan yang dihapus dan menyimpan media yang telah dikirim oleh lawan chat.