SIG - TrenAsia ESG Excellence 2022
Korporasi

Aplikasikan Produk Ramah Lingkungan, Semen Indonesia (SMGR) Raih Penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022

  • PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG sukses meraih penghargaan pada ajang TrenAsia ESG Excellence 2022 dengan kategori Cement peringkat Action.

Korporasi

Feby Dwi Andrian

JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG sukses meraih penghargaan pada ajang TrenAsia ESG Excellence 2022 dengan kategori Cement peringkat Action.

Chief of Strategy SIG, Antonius Ardian Bermana mengungkapkan kegembiraannya mendapat penghargaan dengan tema environment, social, governance (ESG) ini. Diakuinya sudah ada rencana untuk lebih menekan emisi hingga tahun 2030.

"Dengan kondisi sekarang itu 1 Kg semen mengeluarkan emisi CO2 sebesar 590 kg per ton. Tapi kita terus upayakan agar komposisi semen bisa lebih rendah tapi tetap kuat. Di tahun 2030 nanti, target emisi bisa turun sampai dengan 515 kg per ton. Jadi ya sangat signifikan," ungkap Antonius Ardian dalam perhelatan TrenAsia ESG Excellence 2022 di Ritz-Carlton Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2022.

Antonius juga menambahkan saat ini SMGR terus melanjutkan beberapa proyek penataan trotoar di Jakarta menggunakan produk yang ramah lingkungan.

Lebih lanjut, SMGR juga mengaplikasikan produk beton yang ramah lingkungan seperti ThruCrete (beton berpori), LocooCrete (beton rendah emisi karbon), dan DekoCrete (beton dekoratif) dengan menggunakan semen ramah lingkungan pada revitalisasi trotoar dan area perkerasan lainnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring Sukirno, mengatakan berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Indonesia perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Harapannya agar setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan.

"Tujuan dari program ini adalah memberikan dukungan berupa penghargaan kepada perusahaan yang sudah menjalankan ESG agar program-program tersebut bisa berjalan untuk mewujudkan misi nasional mengurangi emisi karbon secara berkelanjutan," kata Sukirno.

Adapun, ketua dewan juri TrenAsia ESG Excellence 2022 yang juga President Director PT Schroders Investment Management Indonesia Michael T. Tjoajadi menambahkan, di tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggung jawab serta lebih mendukng perusahaan yang mengedepankan ESG.

Perusahaan-perusaahn tersebut menurutnya lebih tahan banting ketika ekonomi terguncang dan membuat investor lebih tenang dengan tata kelola bertanggung jawab.

"TrenAsia ESG Excellence 2022 jadi wadah untuk merekam perkembangan implementasi ESG oleh perusahaan di Indonesia setiap tahunnya. Karena sama-sama concern dengan ESG, kami dewan juri sepakat untuk melakukan panel. Sangat bagus TrenAsia memiliki concern dengan ESG," ungkap Michael.