Photo by Pixabay: https://www.pexels.com/photo/macbook-pro-beside-white-ipad-4158/
Gaya Hidup

Apple Dirumorkan Akan Hadirkan MacBook Harga Terjangkau, Saingi Chromebook?

  • Apple dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memasuki pasar laptop harga terjangkau dengan produk MacBook.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Seperti iPhone, perangkat laptop MacBook dari Apple juga selalu jadi incaran banyak orang. Apple MacBook dikenal memiliki berat yang lebih ringan, kinerja cepat, dan memiliki desain yang memukau. Namun, Apple MacBook juga memiliki harga yang cukup mahal.

Laptop premium ini hadir dengan perangkat keras yang terdepan di kelasnya, sistem operasi yang penuh akan fitur. Hal inilah yang mungkin membuat laptop dari Apple tersebut jadi tidak terjangkau oleh sebagian besar pembeli.

Namun, soal harga laptop Chromebook pada dasarnya adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Chromebook hadir dengan Chrome OS yang berpusat pada cloud sehingga menghilangkan kebutuhan akan perangkat keras kelas atas. Selain itu harganya yang murah yaitu mulai dari Rp2,9 juta saja membuat perangkat ini jadi sangat populer, berbeda dengan MacBook di mana MacBook Air M2 sendiri dibandrol dengan harga mulai Rp18 juta.

Chromebook

Menurut laporan dari Digitimes, Apple dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memasuki pasar laptop harga terjangkau dengan produk MacBook. Menurut laporan tersebut, Apple diketahui sedang mengerjakan seri MacBook berbiaya rendah yang ditujukan untuk sektor pendidikan. Sedangkan saat ini jika Anda melihat laptop untuk belajar atau pendidikan, Chromebook lebih cenderung dipilih karena harganya yang sangat terjangkau.

Laporan dari Digitimes ini juga mencatat bahwa pemasok utama Apple belum menunjukkan tanda-tanda aktivitas manufaktur. Sedangkan untuk membuat Apple MacBook sendiri Apple masih mengikuti siklus pengembangan sembilan bulan sebelum akhirnya memasuki tahap produksi massal.

Jadi, jika Apple benar-benar sedang mengerjakan MacBook yang terjangkau maka model paling awal yang mungkin akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2023. Meski begitu, minat baru Apple pada pasar pendidikan ini dapat dikatakan cukup masuk akal. Menurut Gizchina, sektor pendidikan di Amerika Serikat sangat menguntungkan pasca pandemi. Permintaan akan pendidikan online juga telah meningkat pesat dan tetap pada tingkat yang lebih tinggi.

Desain Produk Apple MacBook Harga Terjangkau

Seperti yang dilansir Trenasia dari Gizchina pada Kamis 7 September 2023, prediksi model baru dari Apple MacBook harga terjangkau mungkin akan hadir dengan casing logam tapi bahannya tidak akan sama dengan laptop Apple lainnya. Bagaimanapun, Apple tetap harus mengurangi biaya produksi untuk menawarkan laptop dengan harga lebih rendah.

Mengingat betapa murahnya harga Chromebook yang berfokus pada sektor pendidikan, Apple perlu meluangkan banyak waktu untuk menentukan rencana harganya.Jika tidak, bisa jadi upayanya untuk menyaingi Chromebook dengan MacBook yang terjangkau mungkin akan bernasib sama dengan strategi Apple yang dinilai kurang berhasil saat mencoba menargetkan pelajar yang memiliki iPad.

Hingga sampai saat ini masih belum ada kejelasan apakah Apple benar-benar akan menghadirkan MacBook harga terjangkau yang menyasar sektor pendidikan dan bagaimana mekanismenya. Jika MacBook benar-benar dijual dengan harga terjangkau, apakah Anda tertarik untuk membelinya?