Apple Ambil Langkah yang Bikin Pengguna iPhone Sumringah, Apa Itu?
Tekno

Apple Tarik WhatsApp dan Meta dari App Store China, Kenapa?

  • Apple menghapus Meta, Whatsapp dan Threads dari App Store-nya di China. Hal ini dilakukan setelah perusahaan teknologi AS tersebut mendapat perintah dari pemerintah setempat.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

BEIJING - Apple menghapus Meta, Whatsapp dan Threads dari App Store-nya di China. Hal ini dilakukan setelah perusahaan teknologi AS tersebut mendapat perintah dari pemerintah setempat.

Mengutip Reuters Selasa, 23 April 2024, perintah untuk menghapus aplikasi media sosial tersebut dilakukan berkaitan dengan masalah keamanan nasional.

“Administrasi Ruang Siber Tiongkok memerintahkan penghapusan aplikasi-aplikasi ini dari etalase Tiongkok berdasarkan kekhawatiran keamanan nasional mereka,” kata Apple.  

Namun, belum jelas bagaimana WhatsApp atau Threads dapat menyebabkan masalah keamanan bagi pihak berwenang Tiongkok.

Tak hanya Meta, whatsApp dan Threads, aplikasi perpesanan lain seperti Telegram dan Signal juga dilaporkan ikut hilang di App Store.

Keputusan pemerintah China untuk meminta aplikasi perpesanan tersebut dihapus di App Store menunjukkan adanya peningkatan  intoleransi di pihak pemerintah pusat Tiongkok terhadap setidaknya beberapa layanan pesan online asing yang berada di luar kendalinya.

Tak hanya itu, hal ini juga menandakan berkurangnya kelonggaran bagi Apple di Tiongkok.

“Kami berkewajiban untuk mengikuti hukum di negara tempat kami beroperasi, meskipun kami tidak setuju,” tulis Apple dalam pernyataannya.

Meski demikian, aplikasi Meta lainnya termasuk Facebook, Instagram dan Messenger tetap tersedia untuk diunduh.