Erick Thohir
Nasional

Apresiasi BTN (BBTN) Lewat Rent to Own, Erick ke Milenial: Segera Punya Rumah Jangan Ditunda-tunda

  • Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) yang menghadirkan inovasi produk pembiayaan perumahan dengan skema pembiayaan sewa beli atau rent to own (RTO).
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) yang menghadirkan inovasi produk pembiayaan perumahan dengan skema pembiayaan sewa beli atau rent to own (RTO).

Menurutnya skema ini akan memudahkan konsumen untuk menikmati dulu tempat tinggal yang ingin dimilikinya sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

"Dengan penduduk Indonesia yang mencapai 273 juta jiwa, dimana sekitar 31% belum memiliki rumah, Kementerian BUMN terus mendorong dan mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut," ungkap Erick dalam kunjungannya ke Festival KPR Hunian Pemuda di Jakarta, pada Minggu, 30 Oktober 2022.

Ia melanjutkan, dirinya juga mengajak serta para milenial untuk segera memiliki rumah dan jangan menunda. Menurutnya rumah memiliki valuasi aset yang terus mengalami kenaikan dan jumlahnya sangat terbatas.

"Saya harap kalau para milenial sudah mampu jangan menunda memiliki rumah, sekarang sudah ada fasilitas sewa memiliki. Generasi sekarang ini kan semuanya pas. Ya belanjanya pas, makannya pas, jalan-jalannya pas. Supaya bisa menabung dan prioritaskan yang utama adalah membeli rumah," imbuhnya.

Sementara itu menurut Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo menjelaskan, selain telah menyalurkan KPR sejak tahun 1976 kepada sekitar 5 juta keluarga Indonesia, BTN saat ini tengah menjalankan inisiatif-inisiatif strategis sebagai upaya peningkatan penyaluran perumahan di Indonesia.

Salah satunya dengan melakukan peningkatan kolaborasi yang efektif melalui sinergi BUMN.

"Sebagai BUMN, Bank BTN juga fokus dalam mendorong peningkatan kesejahteraan para pelaku UMKM melalui penyaluran fasilitas perumahan," kata Haru.