Pedagang mengoperasikan gawai di salah kios pasar tradisional kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Selasa, 7 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Industri

APRINDO Gandeng Microsoft Luncurkan Panduan Bagi Ritel dan UMKM untuk Go Digital

  • Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) bekerja sama dengan Microsoft meluncurkan panduan untuk ritel dan UMKM modern Indonesia, untuk mengakselerasi transformasi digital. Panduan tersebut dapat diakses melalui tautan https://ritelmodernindonesia.com/.
Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) bekerja sama dengan Microsoft meluncurkan panduan untuk ritel dan UMKM modern Indonesia, untuk mengakselerasi transformasi digital. Panduan tersebut dapat diakses melalui tautan https://ritelmodernindonesia.com/. 

Peluncuran ini merupakan salah satu agenda perayaan Hari Ritel Nasional 2021 yang jatuh pada hari ini, Kamis, 11 November 2021.

Mengangkat tema “Ritel Tangguh, UMKM Maju, Indonesia Bangkit”, aktivitas yang diselenggarakan meliputi pendidikan dan pelatihan webinar daring, gelaran produk UMKM, pemberian apresiasi kepada sosok yang mendorong pertumbuhan dan kemajuan ritel modern, serta informasi lowongan kerja.

Ketua Umum APRINDO Roy N. Mandey mengaku, pihaknya senang dapat menyediakan platform yang lebih luas bagi bisnis ritel. Hal ini bertujuan untuk menghubungkan pelaku ritel dengan konsumen.

“Melalui rangkaian acara yang berlangsung hingga Desember 2021, kami menyelenggarakan program pemberdayaan bersama berbagai institusi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis, 11 November 2021.

Ia berharap, kerja sama ini dapat menjadi titik awal bagi bisnis ritel, termasuk UMKM, dalam menavigasi pilihan digital yang terus berkembang.

Senada, Azure Business Group Lead Microsoft Indonesia Fiki Setiyono juga mengaku siap mendampingi pelaku ritel Indonesia untuk memulai transformasi digital.

Menurutnya, teknologi dapat memberdayakan bisnis ritel agar semakin maju dan kompetitif. Hal ini menjadi kesempatan bagi sektor ritel dari berbagai skala, untuk menemukan teknologi digital yang sesuai dengan bisnis dan kebutuhan masing-masing.

“Tidak hanya itu, ini juga peluang bagi ritel untuk membangun keterampilan teknologi digital. Kami bangga dapat menjadi bagian dari Hari Ritel Nasional 2021. Mari kita berkolaborasi untuk memberdayakan ekonomi digital Indonesia,” ungkap Fiki.

Sebagai informasi, selain aspek kompetensi digital bersama Microsoft, APRINDO juga menyelenggarakan HALAL Lifestyle Indonesia untuk memperluas akses pasar dan mempromosikan produk halal Indonesia.

Kemudian, menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk mengoptimalisasi jasa pengiriman dan transportasi barang ke berbagai daerah.

Sementara dengan BPJS Ketenagakerjaan, APRINDO berkolaborasi menerapkan jaminan kehilangan pekerjaan, serta bersama PT Teknologi Plus menyediakan pembiayaan inklusif (P2P lending) bagi UMKM.