Aquabike Jetski World Championship
Nasional

Aquabike Jetski 2023 Dongkrak Okupansi Hotel di Kawasan Danau Toba hingga 80 Persen

  • Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara memproyeksikan okupansi di Kabupaten seperti Samosir, Karo, Dairi, dan Toba akan penuh ketika kejuaraan Aquabike Jetski 2023.
Nasional
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

MEDAN - Menjelang perhelatan Aquabike Jetski World Championship 2023, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara, Denny S Wardhana pada Kamis, 16 November 2023 di Medan melaporkan okupansi hotel di kawasan Danau Toba naik menjadi 80 persen.

Denny memproyeksikan okupansi di Kabupaten seperti Samosir, Karo, Dairi, dan Toba akan penuh ketika kejuaraan Aquabike Jetski 2023. Optimisme tersebut juga didorong oleh adanya perhelatan kejuaraan Asia Pacific Rally Championship (APRC) grand final di kawasan Danau Toba pada 24-26 November 2023.

"Bisa jadi, hotel penuh pada kejuaraan dimulai . Tapi, wisatawan yang tidak dapat menginap di hotel, bisa diganti dengan penginapan di rumah warga maupun 'guest house'," tambah Denny.

Denny seperti dilansir Antara mengatakan ajang nasional maupun internasional di tempat pariwisata di Provinsi Sumatera Utara tentu berkontribusi dalam meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara yang kemudian secara otomatis juga meningkat okupansi hotel.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan "sport tourism" atau wisata olahraga di Sumatera Utara pada November ini diproyeksikan mampu mendongkrak pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 80 persen dari target 1,2-1,4 miliar pergerakan, serta 20 persen kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari target 7,4 juta kunjungan.

Sandiaga juga memproyeksikan para pengunjung wisnus akan mengeluarkan dana sekitar Rp2-5 juta. Sementara wisman diproyeksikan akan mengeluarkan dana sekitar US$1.500 per kunjungan atau sekitar Rp23,36 juta (kurs Rp15.577).

“Ini untuk capaian devisa yang bisa tercapai US$10-15 miliar(Rp155,77 - Rp233,66 triliun,” ujar Sandiaga.

Kejuaraan ini akan berlangsung dari  22 hingga 26 November 2023 di empat kabupaten yang mengelilingi Danau Toba. Keempat kabupaten tersebut adalah Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Toba. Sebanyak 128 Riders Internasional diperkirakan akan berkompetisi dalam ajang tersebut.

Dalam rentang waktu lima hari, para peserta akan bersaing dalam dua kategori utama, yaitu endurance world championship (endurance) dan circuit world championship (circuit).