Aquabike Jetski World Championship
Nasional

Aquabike Jetski World Championship 2023 Digelar di Danau Toba

  • Perhelatan tesebut akan berlangsung di empat kabupaten yang mengelilingi Danau Toba

Nasional

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Indonesia kembali ditunjuk sebagai tuan rumah ajang balap air, Aquabike Jetski World Championship 2023. 

Perhelatan akan berlangsung dari  22 hingga 26 November 2023 ini, di empat kabupaten yang mengelilingi Danau Toba. Mereka adalah Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Toba. Sebanyak128 Riders Internasional diperkirakan akan berkompetisi dalam ajang tersebut.

Dalam rentang waktu lima hari, para peserta akan bersaing dalam dua kategori utama, yaitu endurance world championship (endurance) dan circuit world championship (circuit). 

Kategori endurance akan diadakan di sirkuit tertutup sepanjang tiga kilometer dengan batas waktu maksimal satu jam. Para pembalap harus menunjukkan kecepatan dan ketahanan mereka dalam batasan waktu yang ketat. 

Sementara itu, kategori akan digelar pada hari keempat dan kelima di Balige, Toba. Di sini, para pembalap akan memperebutkan gelar juara dalam sebuah arena yang lebih luas.

Aquabike Jetski World Championship 2023 tak hanya menawarkan aksi balap air yang menghibur, tetapi juga menampilkan elemen budaya lokal melalui side event yang diselenggarakan. Side event dalam ajang ini dirancang untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya lokal kepada pengunjung. 

Para peserta dan penonton memiliki kesempatan untuk merasakan budaya dan tradisi unik dari daerah sekitar Danau Toba. Dengan demikian, ajang ini menjadi sebuah perpaduan antara olahraga dan kekayaan budaya.

Dampak Ekonomi

Penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba juga diproyeksi akan memberikan dampak ekonomi yang signifikan. Perhelatan ini diharapkan dapat memberikan dorongan bagi perekonomian daerah dan menjadi wadah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan usaha mereka. 

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan dalam ajang ini, pelaku UMKM di sekitar Danau Toba memiliki peluang untuk memperluas jangkauan bisnis mereka.

“Kami tentunya, melalui InJourney, bersama-sama dengan BUMN lain siap mendukung perhelatan ini. Pertamina melalui penyediaan BBM, Telkom dari sisi penyediaan jaringan, dan PLN dari penyediaan listrik, dan juga sponsorship tentunya akan kita dorong, sehingga event ini menjadi event kebanggan kita bersama,” ungkap Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, dilansir siaran pers ,Aquabike Jetski World Championship 2023, Rabu, 1 November 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memberikan dukungan penuh dalam promosi dan pengembangan perhelatan ini. Sandiaga menuturkan perhelatan ini adalah upaya pemerintah untuk mendukung perekonomian Indonesia, khususnya bagi masyarakat di sekitar wilayah Danau Toba. 

Menteri Sandiaga juga menjelaskan bahwa ajang ini akan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut dan juga akan mempromosikan potensi pariwisata dan budaya Indonesia kepada dunia.

Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba digadang akan  memperkenalkan pesona Indonesia dalam aspek keanekaragaman budaya, ekonomi yang berkelanjutan, dan promosi pariwisata yang kuat.