Trofi Piala Dunia.
Dunia

Arab Saudi Disebut Mundur dari Pencalonan Tuan Rumah Piala Dunia 2030

  • Negara penghasil minyak Arab Saudi mengklaim sulit bersaing dengan para kandidat lain untuk menggelar turnamen bergengsi tersebut.
Dunia
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Arab Saudi dikabarkan mundur dari pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2030. Negara penghasil minyak itu mengklaim sulit bersaing dengan para kandidat lain untuk menggelar turnamen bergengsi tersebut. 

Kabar itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada Kamis 22 Juni 2023 waktu setempat. Dikutip dari Marca, Jumat 23 Juni 2023. Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Faisal bin Farhan Al Saud telah menghubungi Mesir dan Yunani sebagai negara yang awalnya bakal diajak bermitra untuk menggelar Piala Dunia 2030.

Pembatalan itu disebut tak lepas dari peluang kandidat lain yang dinilai lebih besar. Selain kerja sama Arab Saudi, Yunani dan Mesir, ada kemitraan Spanyol, Portugal dan Maroko yang turut memeriahkan pencalonan Piala Dunia 2030. 

Ada pula gabungan empat negara Amerika Latin yakni Uruguay, Paraguay, Argentina dan Chile yang digadang-gadang memeriahkan kontestasi. “Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud sudah menghubungi Yunani dan Mesir di saat-saat terakhir untuk menginformasikan bahwa mereka menyerah dan tidak ikut pencalonan Piala Dunia 2030,” tulis Marca.

Kabar Mengejutkan

Laporan Marca menyebutkan kemitraannya bersama Mesir dan Yunani sulit bersaing dengan kelompok negara lain. Hal itu setelah Arab Saudi melihat kinerja Spanyol, Portugal dan Maroko dalam pencalonan tuan rumah. “Hal ini (pembatalan pencalonan) disebabkan oleh kekuatan proyek yang dipimpin Spanyol bersama Portugal,” demikian tulis Marca.

Mundurnya Arab Saudi dari rencana pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2030 cukup mengejutkan. Hal ini lantaran negara petro dolar itu tengah gencar mengenalkan potensinya ke penjuru dunia. Kerajaan Arab Saudi juga tengah gencar “menebar jala” di sektor sepak bola. Pangeran Arab Saudi, Mohamed Bin Salman, belum lama ini mengakuisisi Newcastle United dan menjadikan klub itu kembali ke kejayaannya.

Liga Arab Saudi sendiri belakangan kedatangan bintang Eropa seperti Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, N’golo Kante hingga Ruben Neves. Peraih tujuh Ballon d’Or, Lionel Messi, juga baru saja mempromosikan pariwisata setempat. Kehadiran Messi bahkan disebut dalam rangka pencalonan Arab Saudi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.