Fans Argentina merayakan gelar juara timnasnya di Piala Dunia 2022 Qatar beberapa waktu lalu.
Dunia

Argentina Resmi Gantikan Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

  • FIFA meyakini Argentina adalah negara yang ideal untuk menggelar ajang yang dihelat 20 Mei-11 Juni 2023 tersebut.
Dunia
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—FIFA resmi menunjuk Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia. Negara Amerika Latin itu dinilai menjadi lokasi yang ideal dan bakal menginspirasi para pemain muda. Kepastian tersebut diumumkan lewat pernyataan resmi, Selasa 18 April 2023.   

Penunjukan Argentina sebagai tuan rumah sudah diprediksi sebelumnya. Diketahui, nama negara tersebut langsung mengemuka setelah FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) melakukan pendekatan serius dan responsif sehingga mampu meyakinkan FIFA. 

Argentina sendiri menjadi satu-satunya negara yang mengirimkan proposal resmi sebagai pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Presiden FIFA, Gianni Infantino, memuji Argentina yang bersedia menjadi tuan rumah dalam waktu persiapan yang relatif mepet. 

“FIFA dengan bangga mengumumkan Piala Dunia U-20 tahu ini akan digelar di Argentina. Saya berterima kasih kepada AFA, khususnya Presiden AFA Claudio Tapia, serta otoritas pemerintah, atas komitmen mereka untuk menjadi tuan rumah acara yang luar biasa ini dalam waktu singkat,” tutur Infantino. 

Pihaknnya meyakini Argentina adalah negara yang ideal untuk menggelar ajang yang dihelat 20 Mei-11 Juni 2023 tersebut. Selain sebagai negara tersukses di ajang Piala Dunia U-20, Argentina menjadi negara sepak bola yang memberi inspirasi banyak pemain muda. Argentina juga pernah menggelar ajang serupa pada tahun 2001.  

Infantino menyebut sejak tahun 1977 Piala Dunia U-20 telah melahirkan pemain hebat dalam beberapa dekade terakhir seperti Diego Armando Maradona, Lionel Messi, Paul Pogba, Erling Haaland, Sergio Aguero dan lain sebagainya. “Menggelar Piala Dunia U-20 di negara yang hidup dan bernapas sepak bola akan menjadi inspirasi luar biasa bagi bintang-bintang masa depan,” imbuh Infantino.

Status tuan rumah membuat Argentina otomatis lolos ke Piala Dunia U-20. Sebelumnya Argentina U-20 gagal lolos ke turnamen itu setelah terhenti di kualifikasi. Mereka kalah bersaing dengan Brasil, Kolombia, dan Paraguay di Grup A CONMEBOL Sudamericano U-20